Mengenal Istilah Work Life Balance dan Cara untuk Mencapainya, Nomer 5 Harus Dihindari

Mengenal Istilah Work Life Balance dan Cara untuk Mencapainya, Nomer 5 Harus Dihindari

Ilustrasi--dok : sumsek.co

SUMEKS.CO - Istilah Work Life Balance merupakan suatu kondisi dimana seseorang diharapkan bisa mengatur serta membagi waktu dan juga energinya dalam hal pekerjaan maupun kehidupan pribadi.

Menerapkan atau mencapai work life balance ini sangat penting khususnya bagi para pekerja agar meminimalisir risiko stress berlebihan.

Work life balance ini mengacu pada kemampuan yang dimiliki seseorang untuk membagi waktu dengan seimbang.

Artinya istilah Work life balance ini diharapkan bisa membuat seseorang menyadari bahwa harus ada batasan antara tanggung jawab pekerjaan yang dilakukan dengan kehidupan pribadi sehari-hari.

BACA JUGA:Ikuti 8 Tips Ini untuk Memulai Pekerjaan dengan Semangat di Pagi Hari, Nomor 7 Sering Diabaikan

Menjaga keseimbangan antara kehidupan pribadi dan tanggung jawab pekerjaan akan membuat seseorang lebih produktif, karena itulah bagi setiap pekerja diharapkan bisa menerapkan work life balance ini.

Ketika seseorang terlalu over dalam urusan pekerjaan sampai mengabaikan kehidupan pribadi dan orang-orang disekelilingnya maka ha tersebut juga bisa berdampak pada kesehatan mental loh.

Nah mencapai work life balance ini menjadi salah satu upaya untuk menjaga kesehatan tubuh baik fisik maupun kesehatan mental seseorang.

Lantas bagaimana cara yang dapat dilakukan agar seseorang dapat mencapai kondisi work life balance ini?

BACA JUGA:Awas! Pekerjaan Ini Bisa Diambil Alih Teknologi AI di Masa Depan

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencapai kondisi work life balance, simak yuk!

1. Belajar mengatur waktu

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mencapai kondisi work life balance yaitu belajar mengatur waktu dengan baik.

Agar seseorang mencapai keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi, maka kuncinya dengan belajar mengatur waktu.

BACA JUGA:Pekerja Kantoran, Stop Gaya Hidup Sedentary Sekarang Juga! Jika Ngak Mau Menyesal di Hari Tua

Cobalah untuk membuat to-do list setiap harinya agar bisa mengontrol berapa banyak waktu yang digunakan untuk bekerja dan waktu untuk kehidupan pribadi.

Belajar mengatur waktu dengan baik agar lebih efektif sehingga pekerjaan tidak menggangu kehidupan pribadi.

2.  Mengatur prioritas pekerjaan

Seseorang yang ingin mencapai kondisi work life balance maka harus belajar dalam mengatur prioritas dari pekerjaan yang dilakukan.

BACA JUGA: Styles dan Trendy, Ini Rekomendasi Tas Laptop Wanita Cocok Untuk Kerja

Agar dapat memanajemen waktu dengan baik, sebaiknya mulai untuk mengatur prioritas apa saja yang harus dilakukan terlebih dahulu., contohnya:

• Pekerjaan penting yang mendesak, ialah pekerjaan yang harus dikerjakan paling awal.

• Pekerjaan penting yang tidak mendesak,  pekerjaan jenis ini dapat dikerjakan ketika pekerjaan mendesak telah selesai.

• Pekerjaan tidak penting yang mendesak, jika pekerjaan ini mendesak namun tidak terlalu penting maka bisa dialihkan pada rekan kerja

BACA JUGA:5 Tips Padu Padan Rok lipit untuk Wanita Agar Terlihat Lebih Stylish

• Pekerjaan tidak penting tidak mendesak, jika merasa hal yang dikerjakan tidak penting maka segera hapus dari daftar prioritas pekerjaan.

Dengan menyusun prioritas pekerjaan ini, akan memudahkan untuk tahu mana pekerjaan yang harus diselesaikan terlebih dahulu sehingga tidak membuang waktu dan energi dengan percuma.

3. Miliki waktu untuk diri sendiri dan juga keluarga

Walaupun kamu seorang pekerja, janga lupa bahwa ada kehidupan pribadi yang juga butuh diperhatikan.

BACA JUGA:10 Tutorial Make Up Natural Menjadikan Wajah Terlihat Lebih Muda Seperti Wanita Korea

Untuk mencapai work life balance, usahakan untuk selalu memiliki waktu me time dan juga berkumpul bersama keluarga.

Coba untuk berkumpul bersama keluarga saat akhir pekan jangan selalu bekerja agar kehidupan sosial tetap berjalan.

Luangkan juga waktu untuk diri sendiri ya.

4. Prioritaskan kesehatan

BACA JUGA:Suka Mengantuk Saat Bekerja! Coba 11 Tips Ini Mata Auto Melek Terus dan Disayang Bos

Untuk mencapai work life balance, hal yang paling utama ialah selalu memprioritaskan kesehatan.

Pastikan bahwa tubuh istirahat dan jam tidur yang cukup, selain itu jangan lupa berolahraga ringan.

Jika memang merasa badan sedang tidak fit, jangan paksakan untuk bekerja, setiap orang pasti pernah sakit saat bekerja.

Harus diingat bahwa kesehatan adalah prioritas yang harus diutamakan.

BACA JUGA:Sering Ngantuk Setelah Makan Siang? 6 Hal ini Bisa Jadi Penyebabnya

5. Usahakan tidak membawa pekerjaan ke rumah

Nah ini adalah hal yang harus dihindari untuk mencapai kondisi work life balance.

Usahakan untuk selalu menyelesaikan pekerjaan di kantor, jangan dibawa pulang kerumah.

Jangan kebiasaan membawa pekerjaan dirumah, karena hal ini akan mempengaruhi kehidupan pribadi, sebaiknya selesaikan semua pekerjaan di kantor sebelum pulang kerumah dan bertemu keluarga tersayang.

BACA JUGA:Kaum Jomblo Merapat! Ini 3 Shio yang Diprediksi Bakalan cocok Jadi Pasangan Zodiak Virgo

Nah itulah tadi penjelasan mengenai istilah Work life balance serta cara mencapainya bagi pekerja, coba terapkan ini dan rasakan dampaknya untuk kehidupanmu! Semoga bermanfaat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: