Yuk Kenali Gamophobia: Ketakutan yang Berlebihan untuk Komitmen dan Menikah, dan Cara Mengatasinya

Yuk Kenali Gamophobia: Ketakutan yang Berlebihan untuk Komitmen dan Menikah, dan Cara Mengatasinya

Gamophobia adalah seseorang akan ketakutan yang berlebihan untuk menjalin komitmen dan menikah.--net

SUMEKS.COGamophobia merupakan seseorang akan ketakutan yang  berlebihan untuk menjalin komitmen dan menikah.Biasanya fobia ini muncul karena trauma atas kegagalan hubungan masa lalu atau pengalaman pada orang tuanya.

Biasanya orang gamophobia beranggapan bahwa pernikahan akan menambah masalah baru yang sulit untuk diselesaikan dan biasanya mereka tidak ingin terjebak pada  hubungan yang rumit. 

Apalagi ada nya kasus-kasus perselingkuhan yang biasanya berujung pada perceraian di media sosial hingga sebagian orang ketakutan  berlebih untuk berkomitmen dan menikah, kondisi ini ia dinamakan mengalami  gamophobia.

Gamophobia ini merupakan kondisi yang akan dapat menghalangi seseorang untuk menikmati kebahagian dari sebuah hubungan.

BACA JUGA:6 Ciri Hubungan Tidak Sehat yang Sebabkan Kesehatan Mental Terganggu, Segera Tinggalkan Jika Tak Mau Menyesal!

Nah ternyata tidak hanya komitmen terhadap percintaan, namun gamophobia dapat pada beberapa orang juga tidak bisa berkomitmen pada jangka yang panjang, misalnya pendidikan, pilihan karir, dan memilih tempat tinggal. 

Namun kebanyakan penderita gamophobia ini ialah masalah percintaan atau masalah, biasanya orang yang gamophobia dapat mengakhiri hubungan nya secara tiba-tiba. terkadang juga mengalami kecemasan ketika melihat pasangan hidup bahagia. 

Pada umumnya penyebab gamophobia ialah sering melihat pasangan yang berujung pada perceraian, perpisahan, atau bisa pengabaian yang menyakitkan selama kanak kanak. Sehingga ketakutan akan komitmen dan pernikahan terjadi. 

Seseorang yang memiliki gamophobia biasanya sulit untuk membentuk hubungan  sesama lawan jenis karena ia beranggapan bahwasanya ia tida dapat untuk berkomitmen. 

BACA JUGA:5 Dampak Buruk Silent Treatment Pada Pasangan, Bisa Bikin Hubungan Retak!

Ada Beberapa gejala dari seseorang gamophobia ialah perasaan cemas, takut dan panik, penderita gamophobia akan mengambil langkah untuk menghindari atau menjauhkan diri dari orang lain.

Perasaan takut atau belum siap secara mental saat dihadapkan untuk berkomitmen menikah merupakan hal yang wajar, namun jika perasaan nya terlalu berlebihan takut dan cemas terhadap komitmen dan pernikahan berarti ia mengalami gamophobia.

Faktor-faktor Gamophobia 

Ada beberapa hal yang dapat membuat seseorang takut untuk berkomitmen dan menikah, diantaranya:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: