Pastikan Kesehatan WBP, Perawat Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti Adakan Pemeriksaan Kesehatan Rutin

Pastikan Kesehatan WBP, Perawat Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti Adakan Pemeriksaan Kesehatan Rutin

Petugas kesehatan Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti mengadakan pemeriksaan kesehatan rutin yang dilaksanakan setiap harinya, bertempat di ruang Aula Lapas, Selasa 23 Januari 2024.--

MUSI RAWAS, SUMEKS.CO - Dalam memperoleh pelayanan kesehatan yang berkualitas menjadi salah satu hak Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), tak terkecuali mereka yang menjalani masa pidana di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Muara Beliti. 

Dalam rangka mewujudkan pelayanan kesehatan yang baik bagi Warga Binaan Pemasyarakatan, petugas kesehatan Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti mengadakan pemeriksaan kesehatan rutin yang dilaksanakan setiap harinya, bertempat di ruang Aula Lapas, Selasa 23 Januari 2024.

Kesehatan merupakan salah satu hak dasar yang harus dipenuhi oleh Negara bagi seluruh warga negaranya tanpa terkecuali, begitu juga bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang menjadi tanggung jawab Lembaga Pemasyarakatan atau Rumah Tahanan Negara (Lapas/Rutan) yang harus mendapat pelayanan kesehatan dan perawatan yang baik. 

Pelayanan yang tersedia bersifat komprehensif yang meliputi penyuluhan kesehatan, pemeriksaan kesehatan, pengobatan, rujukan ke pelayanan kesehatan dan kesehatan lingkungan. 

BACA JUGA:Kejati Sumsel Geledah Rumah Tersangka Korupsi Bobol Rekening Nasabah Rp6,4 Miliar, Ini yang Disita

Kegiatan pemeriksaan kesehatan ini dilakukan rutin oleh petugas kesehatan Lapas setiap harinya, tidak lain hal ini dilakukan agar para WBP yang tengah menjalani masa hukuman tetap mendapatkan haknya yaknk pelayanan kesehatan. 

Kegiatan pemeriksaan kesehatan meliputi pemeriksaan fisik bagi Warga Binaan Pemasyarakatan dengan difokuskan terhadap Warga Binaan Pemasyarakatan yang mempunyai faktor resiko tinggi, lansia, pemeriksaan tekanan darah, atau yang mempunyai riwayat penyakit sebelum yang bersangkutan bermasalah dengan hukum. 

Perawat Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti, Eva Susanti menjelaskan setelah dilakukan pemeriksaan, warga binaan diberi obat dan vitamin sesuai dengan gejala yang dialami untuk meningkatkan imunitas tubuh agar menangkal masuknya virus penyakit.

“Kontrol kesehatan kami berikan kepada seluruh warga binaan demi memastikan kesehatan mereka terjaga, apabila WBP yang sakit tidak bisa mendatangi kami di klinik Lapas, maka kami yang akan langsung turun ke blok untuk melakukan pengecekan kesehatan tersebut," katanya.

BACA JUGA:Kejari Ogan Ilir Lakukan Pemusnahan Barang Bukti, Apa Saja yang Dimusnahkan?

Sementara itu, Kalapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti, Ronald Heru Praptama menghimbau kepada seluruh warga binaan untuk tetap menjaga kebersihan diri, seperti mencuci tangan sebelum makan, memastikan kebersihan lingkungan kamar, menjaga pola makan dan tidur yang cukup. 

“Mari rajin-rajin menerapkan pola hidup sehat. Karena itu untuk kebaikan kita bersama. Apabila badan sehat maka akan terjaga kenyamanan di dalam Lapas,” tutupnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: