Antri Minyak? Enggak Dulu Deh, Suzuki Next FI Klaim Konsumsi Bahan Bakar 109,8 Km/Liter

Antri Minyak? Enggak Dulu Deh, Suzuki Next FI Klaim Konsumsi Bahan Bakar 109,8 Km/Liter

Motor Suzuki Nex Fi yang diklaim Suzuki paling irit dikelas motor matic.--dok : sumsek.co

SUMEKS.CO - Bagi sebagian orang yang punya kesabaran setipis tisu, mengantri minyak untuk bahan bakar motor adalah aktivitas yang sangat membosankan.

Oleh sebab itu motor dengan tingkat keiritan konsumsi bahan bakar yang gak masuk akal sehat, harusnya menjadi bahan pertimbangkan ketika hendak memilih kendaraan.

Motor Suzuki Nex FI adalah jawaban bagi setiap pengendara yang males mengantri minyak karena antrian pertalite kerap panjang, sepanjang jalan kenangan.

Bahkan Suzuki Nex FI sendiri telah mendapat penghargaan dari MURI (Museum Rekor Indonesia) sebagai motor matic paling irit di Indonesia.

BACA JUGA:Skutik Terbaik di Indonesia Suzuki NEX II, Efisien Bahan Bakar dan Rangka Tangguh Anti Keropos

Kenapa demikian? Sebab Suzuki Nex FI ini dibekali teknologi SUPER FI (Suzuki Performance Fuel Injection) dengan mesin kapasitas 113cc, motor ramping ini hanya mengonsumsi bahan bakar 109,8 km/liter.

Selain super duper iri, motor Suzuki Nex FI ini ternyata ramah lingkungan, lho! Jadi pengendara gak perlu khawatir lagi karena motor ini dapat mengurangi polusi udara.

Skutik imut ini bisa dibandrol dengan harga Rp12.950.000 OTR Jakarta, membuat Suzuki Nex FI ini jadi skuter matik merek Jepang termurah saat ini di kelasnya.

Tidak heran jika Suzuki Nex FI cukup banyak digemari, atau barangkali akan menjadi motor yang paling dicari untuk awal tahun 2024 ini, karena selain lincah dan responsif, harganya juga sangat terjangkau.

BACA JUGA:eReady Run Motor Listrik Kolaborasi Suzuki dan Gogoro, Siap Melawan Ketangguhan Honda EM1 e, Harganya Segini

Rasanya tidak ada yg lebih cocok untuk penggunaan kantor, kampus dan pasar melebihi apa yang mampu diberikan oleh skutik imut yang ramping ini.

Meski terbilang ramping, Suzuki telah melengkapi mesin 113 cc SUPER FI (Suzuki Performance Fuel Injection) dengan beragam sensor yang terbilang cukup canggih.

Pertama yaitu Intake Air Pressure Sensor (IAPS) dan Intake Air Temperature Sensor (IATS) kedua sensor ini berfungsi untuk membaca kondisi udara yang masuk. 

Udara yang masuk dibaca akan terdeteksi kelembapan dan suhunya sehingga sensor akan merespon untuk dilaporkan ke Engine Control Module (ECM), atau otaknya sistem injeksi.

BACA JUGA:Menjajal Motor Petualang Suzuki V-Strom 250 SX, Tampilan Greget Tenaganya Bikin Kaget!

Teknologi ini diciptakan agar konsumsi bahan bakar tetap irit, karena ketika kondisi udara dingin atau pun panas, kebutuhan bahan bakarnya akan berbeda.

Selain itu, juga ada Throttle Position Sensor (TPS) sensor ini memiliki fungsi untuk membaca gerakan bukaan gas yang dilakukan oleh pengendara. 

Tidak berhenti di situ saja, juga ada yang namanya Crankshaft Position Sensor (CKPS) yang fungsinya memberikan input timing pengapian berdasarkan posisi kruk as.   

Selanjutnya ada Engine Temperature Sensor (ETS) sensor inilah yang mempunyai peran untuk menyesuaikan berapa banyak bahan bakar yang harus disemburkan injektor saat mesin masih dingin atau sudah panas.

BACA JUGA:Suzuki Rilis Motor Sport Adventure Terbaru V-Strom 250SX, Siap Bersaing dengan Yamaha WR150x

Dan yang terakhir adalah O2 Sensor atau Oxygen Sensor. Tidak usah bingung, sesuai namanya yaitu Oxygen Sensor, yang artinya sensor ini terdapat di knalpot yang secara aktif dapat mendeteksi kadar O2 dari sisa pembakaran.

Selain itu, Oxygen Sensor ini dapat memberikan input data pada ECM dengan maksud tujuan agar semprotan bahan bakar di sesuaikan demi emisi gas buang yang selalu baik. 

Kemudian ditinjau dari segi bodi, desain Suzuki Nex FI ini tak banyak menyuguhkan desain bodi yang rumit dan terkesan berlebihan, skutik imut ini terlihat konsisten sesuai fungsinya saja.

Bahkan lekukan bodinya saja terbilang sangat sederhana ketimbang kompetitor pesaing di kelasnya, hal ini bukan tanpa maksud dan tujuan, ini merupakan strategi agar dapat menekan harga produksi sehingga harga jualnya bisa tetap murah.

BACA JUGA:Suzuki GSX-8R, Sepeda Motor Sport Kelas Atas: Desain Modern, Performa Tangguh, Teknologi Canggih

Namun jika melihat desain bodi bagian depan, Suzuki Nex FI ini bisa dibilang cukup atraktif dan lumayan oke dengan head lamp dan lampu sein terpisah.

Sedangkan untuk panel indikator, Suzuki Nex FI terbilang standar standar saja, bahkan penunjuknya pun semua masih analog, tidak ada yang spesial pada fitur ini.

Selain itu, pada Suzuki Nex FI tersedia dua kompartemen di sisi kiri dan kanan, sehingga membuat pengendara dapat meletakkan botol minuman atau sarung tangan, jadi mengakomodir banget buat pemotor yang suka riding.

Di bawah jok motornya juga terdapat kompartemen, hanya saja ruangnya terbilang cukup minimalis sehingga pilihan barang yang ingin dimasukkan pun harus disesuaikan.

BACA JUGA:Suzuki DR 200S Motor Trail Eksklusif Andalan Brimob, Tampilan Gagah dan Performa Gahar, Intip Speknya Disini

Selanjutnya beralih ke bagian standar samping, umumnya motor matik akan otomatis mati apabila standar sampingnya direntangkan, sementara Suzuki Nex FI ini tidak demikian, tapi hal ini bisa dimaklumi karena fungsi mati otomatis pada standar samping tidak terlalu penting.

Sementara untuk bagian pengereman, sayang sungguh sayang belum dilengkapi dengan parking brake lock, masih cakram biasa pada ban depan dan tromol pada ban belakang.

Lalu untuk velg depan menggunakan velg palang tiga dengan ukuran ring 14 dibalut ban 70/60, lalu  velg belakang ring 14 dengan balutan ban 80/90.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: