Ashara Mubashara, Profil 10 Sahabat Nabi Muhammad SAW yang Dijanjikan Surga Semasa Hidupnya

Ashara Mubashara, Profil 10 Sahabat Nabi Muhammad SAW yang Dijanjikan Surga Semasa Hidupnya

10 sahabat yang dijanjikan surga, atau yang disebut Ashara Mubashara.--dok : sumeks.co

BACA JUGA:Perjumpaan Nabi Sulaiman dengan Pemuda yang Mendiami Dasar Laut Selama 1.400 Tahun, Alasannya Bikin Merinding!

Thalhah adalah salah satu dari delapan orang pertama yang menerima Islam dan satu dari lima orang yang menjadi Muslim melalui Abu Bakar.

Meskipun Thalhah tidak berperang di Badar, ia ikut serta dalam banyak peperangan lainnya. Dia dengan gagah berani membela Nabi di perang Uhud.

Thalhah terbunuh dalam Pertempuran Unta oleh Marwan ibn Hakam. Diperkirakan dia berusia antara 60-64 tahun pada saat kematiannya.

Zubayr bin Awwam

BACA JUGA:Gua Uhud Jadi Satu-satunya Tempat Paling Wangi di Dunia, Darah Nabi Muhammad SAW Pernah Mengalir Disana

Zubayr bin al-Awwam termasuk ke dalam salah satu dari 6 anggota dewan yang dibentuk untuk melakukan pemilihan khalifah, setelah wafatnya Umar bin Khattab. 

Zubayr adalah Muslim keempat atau kelima. Namun, baik tanggal lahirnya maupun usia masuk Islamnya tidak diketahui secara pasti. 

Zubayr juga termasuk yang bermigrasi ke Abyssinia. Zubayr juga ikut bertempur di semua pertempuran bersama Nabi, dan dia memainkan peran penting dalam penaklukan Mesir.

BACA JUGA:4 Wanita Mulia yang Allah Turunkan Untuk Bantu Kelahiran Nabi Muhammad SAW, Salah Satunya Istri Fir'aun

Zubayr bertempur di pertempuran Siffin; Namun, dia kemudian meninggalkan perang. Dalam perjalanan menuju Madinah ketika sampai di perairan milik suku Tamim, seorang yang bernama Amr bin Jarmouz mulai mengikutinya. Dia membunuh Zubayr di suatu tempat bernama Lembah Siba.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: