Hindari Gagal Tumbuh Kembang Anak pada 1000 Hari Kelahiran, Irma Suryani Jelaskan Stunting dan Pencegahannya

Hindari Gagal Tumbuh Kembang Anak pada 1000 Hari Kelahiran, Irma Suryani Jelaskan Stunting dan Pencegahannya

Anggota DPR-RI Komisi IX dari Partai Nasional Demokrasi (Nasdem), Irma Suryani Chaniago, mendatangi Kabupaten OKU Selatan tepatnya di Desa Anuggra Kemu, Kecamatan Pulau Beringin, Minggu 7 Januari 2024.--

OKU SELATAN, SUMEKS.CO - Anggota DPR-RI Komisi IX dari Partai Nasional Demokrasi (Nasdem), Irma Suryani Chaniago, mendatangi Kabupaten OKU Selatan tepatnya di Desa Anuggra Kemu, Kecamatan Pulau Beringin, Minggu 7 Januari 2024.

Kedatangannya disambut hangat oleh masyarakat setempat.

Tujuannya, tak lain dalam rangka kegiatan dan KIE (Komunikasi Informasi dan Edukasi) bangga kencana bersama mitra kerja.

Irma Suryani Chaniago menjelaskan bahwa stunting dapat terjadi pada anak sejak dalam kandungan hingga usia 2 tahun.

BACA JUGA:Irma Suryani dan BKKBN Sosialisasi Percepatan Penurunan Stunting di Kabupaten OKU Selatan

"Stunting adalah gagal tumbuh kembang anak di masa 1000 hari kelahiran," sebutnya. 

"Agar anak tidak stunting, kita harus menjaga makanan dan memberikan makanan bergizi dan bervitamin, memeriksakan kandungan ke Puskesmas supaya tahu perkembangan janin seperti apa," jelasnya.

Dokter akan memberikan vitamin dan obat untuk membantu perkembangan otak pada kasus otak tidak berkembang. Vitamin dan obat tersebut dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi otak dan meningkatkan fungsi otak.

"Untuk itu, periksakan ke Puskesmas saat hamil itu sangat penting," jelasnya.

BACA JUGA: Sriwijaya FC Gagal Rebut Poin Penuh dari PSKC Cimahi, Hendri Susilo: Saya Kecewa!

Selain itu, adalah penting untuk menjaga air bersih dan lingkungan yang bersih. Setelah lahir, anak dibawa ke Posyandu untuk diperiksakan berat badan, panjang badan dan sebagainya.

Ketua tim advokasi, KIE dan Hubalila BKKBN, Taruna Rosevelt SH MHum menambahkan, stunting merupakan gagal tumbuh dan terhambatnya balita karena kekurangan gizi dalam waktu yang lama.

"Ini berbahaya sekali kalau ini terjadi. Nanti anaknya tumbuh kecil dan otaknya buyan," jelasnya.

Bagaimana mengetahui anak stunting? Menurutnya, bisa diketahui dari berat badan anak saat lahir dan panjang anak saat lahir yang tidak normal alias lebih kecil dari bayi lahir normal pada umumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: