Polisi Kawal Ketat Pelipatan Surat Suara Presiden dan Wakil Presiden

Polisi Kawal Ketat Pelipatan Surat Suara Presiden dan Wakil Presiden

Polisi kawal ketat pelipatan surat suara di gedung Orkes Kompleks Pertamina Pendopo Field, Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI). Foto: Heru/sumeks.co--

"Mudah-mudahan surat suara DPRD Kabupaten akan tiba tepat waktu, sehingga bisa melakukan tahapan selanjutnya," terang Emi. 

BACA JUGA:Logistik Surat Suara Pemilu 2024 Tiba di KPU Kabupaten OKI dengan Pengawalan Ketat

Dia menambahkan, setelah semua surat suara tiba di kantor KPU maka segera dilakukan rapat pleno untuk dilakukan sortir lipat surat suara. 

Dimana dijadwalkan sortir lipat surat suara dimulai 10 Januari 2024, maka oleh karena itu setelah dilakukan rapat pleno dan diketahui berapa jumlah petugas lipat yang diperlukan. 

"Untuk tahapan sortir lipat surat suara ini tidak boleh ada jeda," ucapnya. 

Sambungnya, barulah dilakukan tahapan-tahapan selanjutnya. Yakni pendistribusian surat suara. Pendistribusian surat suara berkoordinasi dengan pihak kepolisian Polres OKI. 

BACA JUGA:Satpolairud Banyuasin Bungkus Kotak Suara dengan Plastik, Agar Surat Suara Tidak Basah

Sebelumnya, logistik Pemilu 2024 surat surat pemilihan Presiden dan wakil (Pilpres) juga telah tiba di kantor KPU, pada Sabtu 30 Desember 2023 kemarin. 

"Iya tadi sore kita menerima logistik surat suara dengan pengawalan ketat oleh kepolisian, KPU dan Bawaslu juga," kata Ketua KPU Kabupaten OKI, Deri Siswadi melalui Komisioner Divisi Hukum dan Pengawasan KPU, Amrullah. 

Adapun jumlahnya 573.565 barang, rinciannya 286 Pak isi 2.000, 1 pak isi 1.565. 

"Semua barang yang datang lengkap dan berada dalam kotak atau box. Kedatangan logistik ini dikawal ketat polisi dan disaksikan Bawaslu mulai dari datang hingga diturunkan," ungkapnya. 

BACA JUGA:KPU Bahas Bentuk Surat Suara

Dikatakan Amrullah, meski proses pengiriman pada musim hujan, namun ia memastikan bahwa kondisi surat suara dalam kondisi aman. Di datangkan dengan menggunakan mobil truk fuso. 

Kondisi surat suara dalam box kondisi aman karena dibungkus plastik juga. 

"Surat suara itu nantinya akan dilakukan proses sortir lipat, tetapi belum dilakukan sekarang karena masih menunggu koordinasi dengan pihak terkait," jelasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: