Logistik Surat Suara Pemilu 2024 Tiba di KPU Kabupaten OKI dengan Pengawalan Ketat

Logistik Surat Suara Pemilu 2024 Tiba di KPU Kabupaten OKI dengan Pengawalan Ketat

Logistik berupa surat suara tiba di KPU OKI dengan pengawalan ketat. Foto: dokumen/sumeks.co--

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) menerima logistik Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 berupa surat suara, Sabtu 30 Desember 2023 sore. 

"Iya tadi sore kita menerima logistik surat suara dengan pengawalan ketat oleh kepolisian, KPU dan Bawaslu juga," kata Ketua KPU Kabupaten OKI, Deri Siswadi melalui Komisioner Divisi Hukum dan Pengawasan KPU, Amrullah. 

Dia menjelaskan, logistik Pemilu 2024 yang datang ini adalah surat suara pemilihan Presiden dan wakil (Pilpres) dengan jumlah surat suara ribuan. 

Adapun jumlahnya 573.565 barang, rinciannya 286 Pak isi 2.000, satu pak isi 1.565. 

BACA JUGA:Terapkan Strategi Khusus, KPU OKI Hadapi Tantangan TPS Jauh di Wilayah Perairan

"Semua barang yang datang lengkap dan berada dalam kotak atau box. Kedatangan logistik ini dikawal ketat polisi dan disaksikan Bawaslu mulai dari datang hingga diturunkan," ungkapnya. 

Dikatakan Amrullah, meski proses pengiriman pada musim hujan, namun ia memastikan bahwa kondisi surat suara dalam kondisi aman. Di datangkan dengan menggunakan mobil truk fuso. 

Kondisi surat suara dalam box kondisi aman karena dibungkus plastik juga. 

"Surat suara itu nantinya akan dilakukan proses sortir lipat, tetapi belum dilakukan sekarang, karena masih menunggu koordinasi dengan pihak terkait," jelasnya. 

BACA JUGA:Buruan Daftar! KPU OKI Buka Pendaftaran KPPS Pemilu 2024, Ini Besaran Honor Diterima

Sebelumnya, untuk logistik pemilu basola alat untuk mencoblos tipe B juga telah tiba di KPU OKI pada November lalu, sebanyak 8.948. Untuk basola label identitas kotak suara sebanyak 11.185.

Termasuk juga, KPU OKI juga telah menerima logistik pemilu berupa kotak suara sebanyak 7.126 pada awal November. 

Sedangkan pada pertengahan Oktober menerima sebanyak 4.095 kotak suara, sehingga total seluruh sebanyak 11.221.

Dijelaskan Amrullah, semua logistik pemilu 2024 baik berupa bilik dan kotak suara diperuntukkan bagi 2.237 TPS yang tersebar di wilayah Bumi Bende Seguguk yakni sebanyak 18 Kecamatan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: