Terapkan Strategi Khusus, KPU OKI Hadapi Tantangan TPS Jauh di Wilayah Perairan

Terapkan Strategi Khusus, KPU OKI Hadapi Tantangan TPS Jauh di Wilayah Perairan

Kabupaten OKI memiliki tantangan tersendiri dalam penyelenggaraan pemilu, yaitu lokasi TPS yang jauh.--

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) adalah salah satu kabupaten di Provinsi Sumatera Selatan, Indonesia.

Kabupaten ini memiliki luas wilayah 19.023,47 km² dan terdiri dari 18 kecamatan.

Dari 18 kecamatan tersebut, terdapat beberapa kecamatan yang merupakan wilayah perairan. Wilayah perairan ini meliputi Kecamatan Sungai Menang, Kecamatan Air Sugihan, Kecamatan Jejawi, Kecamatan Pulau Beringin, Kecamatan Muara Telang, dan Kecamatan Muara Sugihan.

Wilayah perairan ini memiliki tantangan tersendiri dalam penyelenggaraan pemilihan umum (pemilu). Salah satu tantangan tersebut adalah lokasi TPS yang jauh dari pemukiman penduduk.

BACA JUGA:Tak Ingin Pegawai Melanggar, Ratusan ASN Kabupaten OKI Ikrar Deklarasi Netralitas

Hal ini disebabkan karena wilayah perairan umumnya merupakan wilayah yang sulit diakses, baik dengan kendaraan darat maupun laut.

Menurut Ketua KPU Kabupaten OKI, Deri Siswadi, melalui Divisi Teknis dan Penyelenggaraan Pemilu, Haris Fadilah, Kabupaten OKI secara nasional bukan wilayah rawan.

Hal ini dikarenakan Kabupaten OKI tidak memiliki konflik sosial yang signifikan. Namun, Kabupaten OKI memiliki tantangan tersendiri dalam penyelenggaraan pemilu, yaitu lokasi TPS yang jauh.

"OKI tidak ada TPS rawan tapi yang ada lokasi TPS jauh itu berada di perairan yakni kecamatan perairan," ujarnya, Rabu 27 Desember 2023.

BACA JUGA:Yuk Ketahui Manfaat dan Keutamaan Puasa Senin-Kamis yang Dilakukan Rasulullah SAW

Dia menjelaskan, wilayah perairan di Kabupaten OKI terdapat di Kecamatan Tulung Selapan, Air Sugihan, Sungai Menang dan Cengal. Ini untuk desanya menyeberangi sungai dan juga laut perbatasan dengan provinsi Bangka. 

Lanjutnya, contohnya untuk desa yang masuk dalam wilayah perairan dan jelas menggunakan transportasi air jenis kapal atau speed boat menuju ke lokasi yaitu Desa Simpang Tiga Makmur di Kecamatan Tulung Selapan. 

Lalu, ada Desa Bukit Batu di Kecamatan Air Sugihan. Desa Sungai Ceper di Kecamatan Sungai Menang dan desa-desa lainnya di wilayah perairan. 

"Jadi untuk TPS di wilayah perairan rata-rata jauh karena setelah menyeberang kesana dan masih masuk lagi untuk sampai lokasi," jelasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: