Wajib Tahu! Ternyata Ini 7 Dampak Perselingkuhan Orang Tua Terhadap Anak

Wajib Tahu! Ternyata Ini 7 Dampak Perselingkuhan Orang Tua Terhadap Anak

Perselingkuhan sering kali menjadi biang keretakan dalam rumah tangga dan berpengaruh pada anak.--net

SUMEKS.COPerselingkuhan menjadi salah satu kasus yang seringkali terjadi pada pasangan suami dan istri, sehingga berujung perceraian. 

Perselingkuhan yang terjadi akan berdampak sangat signifikan terhadap ikatan pernikahan, bahkan menjadi salah satu faktor pemicu dan menjadi alasan utama pasangan suami-istri berpisah atau bercerai.

Ketika perpisahan antara orang tua terjadi karena perselingkuhan, seorang anak juga akan merasa seperti dikhianati. Ujungnya membuat seorang anak menjadi sulit untuk percaya kepada orang lain di masa depan.

Kebanyakan orang tua justru merasa bahwa seorang anak belum mengerti apa-apa terlebih tentang perpisahan tersebut. 

BACA JUGA: Sejarah Hari Kesehatan Mental Sedunia yang Diperingati Setiap Tanggal 10 Oktober

Tetapi jangan salah, justru seorang anak akan sangat peka dan bisa merasakan jika hubungan kedua orangtuanya sedang tidak baik-baik saja. 

Hal ini termasuk ketika salah satu orangtuanya berselingkuh. Nah karena itulah sebenarnya dampak perselingkuhan orang tua ini membawa pengaruh yang besar pula bagi seorang anak.

Dilansir dari beberapa sumber, begini pengaruh perselingkuhan orang tua bagi seorang anak : 

1. Hilang kepercayaan

BACA JUGA:6 Cara Menjaga Kesehatan Mental Remaja, Tidak Boleh Abai

Salah satu pengaruh yang akan dihadapi seorang anak jika tahu orangtuanya berselingkuh biasanya anak akan menjadi lebih sulit untuk percaya terhadap orang lain.

Anggapan bahwa orang lain yang dicintai mungkin akan melakukan kebohongan atau berusaha menyakiti dirinya membuat seorang anak menjadi kehilangan kepercayaan.

Hal ini juga menimbulkan dampak timbulnya persepsi pada anak sehingga akan menganggap tidak ada pernikahan yang setia, karena itulah seorang anak akan tumbuh dengan mempermainkan sebuah komitmen atau bahkan menyepelekan sebuah hubungan.

2. Adanya jarak emosional

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: