Sejarah Hari Kesehatan Mental Sedunia yang Diperingati Setiap Tanggal 10 Oktober

  Sejarah Hari Kesehatan Mental Sedunia yang Diperingati Setiap Tanggal 10 Oktober

--dok : sumeks.co

SUMEKS.COKesehatan mental belakangan menjadi perhatian banyak pihak,  seiring dengan banyaknya kasus kekerasan yang terjadi terkait dengan gangguan psikis ini.

Secara global kesehatan mental sudah menjadi pembicaraan serius. Bahkan, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan hal ini sudah ditetapkan hari kesehatan mental sedunia yang jatuh pada tanggal 10 Oktober, setiap tahunnya.

Hari kesehatan mental atau World Mental Health Day (WMHD) ini akan terus diperingati dan juga diatur langsung oleh World Federation Mental Health Day (WFMHD).

Setiap tahunnya tema yang diangkap berbeda, tahun ini  WFMH memperingati hari kesehatan mental dunia dengan tema “Mental Health is a Universal Human Right” atau kesehatan mental adalah hak asasi manusia universal.

BACA JUGA:6 Cara Menjaga Kesehatan Mental Remaja, Tidak Boleh Abai

Tentunya tema ini akan sejalan dengan prinsip yang dipegang oleh WFMH yakni dibentuk pada tahun 1948 lalu dan bertujuan menjadikan kesehatan mental sebagai rangka dari hak asasi manusia.

Untuk informasi dikutip dari berbagai sumber tema ini dipilih untuk lebih menekankan bahwa kesehatan mental adalah hak asasi setiap manusia yang mana penting memperjuangkan hak kesehatan mental bagi semua orang tanpa terkecuali.

Kesadaran ini tentunya akan penting bagi mental seseorang sehingga akan mencegah berbagai dampak negatif yang kemungkinan akan muncul dari banyak faktor genetik hingga perubahan hormonal, pengalaman traumatis, percintaan, pertemanan, keluarga, dan tekanan hidup. Gejala seperti mudah marah, putus asa, rendah diri, kecemasan berlebihan.

Kendati demikian, aspirasi terhadap kesehatan mental ini sangat diperlukan sebagai hak dasar yang ada di setiap manusia.

BACA JUGA:Kakanwil Harun Sulianto Ikuti Diskusi tentang Pelayanan Kesehatan Mental di Lapas

Hari kesehatan mental ini akan mengajak individu, institusi, komunitas, atau berbagai pemangku kepentingan di seluruh dunia untuk selalu mengingat tentang betapa pentingnya mental seseorang. 

Tentunya ini juga sebagai bagian dari upaya untuk mencapai serta memelihara dari kesehatan mental manusia didunia.

Hari kesehatan mental dunia ini berawal pada tahun 1992 lalu dimana menjadi sejarah awal dari perayaan kesehatan mental didunia, saat itu wakil sekretaris yakni jendral WFMH, Richard Hunter menjadi pembentuknya.

Ini berlangsung pada 10 Oktober 1992 tanpa tema apapun dimana saat itu hanya disampaikan tentang hari diperingatinya untuk menyebarluaskan pembelaan terhadap kesehatan mental secara umum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: