Mengejar Berkah di Akhir dan Awal Tahun, Berikut Amalan yang Bisa Dilakukan

Mengejar Berkah di Akhir dan Awal Tahun, Berikut Amalan yang Bisa Dilakukan

Berdoa diakhir dan awal tahun bisa dilakukan pada malam pergantian tahun.--dok : sumeks.co

BACA JUGA:Populer Tapi Dilarang, Berikut Teknik Kecantikan yang Dilarang Dalam Islam

Tidak hanya itu, Allah SWT juga berfirman dalam QS. Ghafir : 60 yang artinya :

“Dan Tuhanmu berfirman, “Berdoalah kepadaKu niscaya akan Aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang sombong tidak mau menyembahKu akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina”.

Orang yang rajin dan gemar berdo’a juga akan ditutup aibnya oleh Allah sehingga keburukan atau kesusahannya tidak dapat dilihat oleh manusia. 

Keutamaan lain dari berdo’a adalah seperti yang disampaikan oleh Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam.

BACA JUGA: Cabang dari Iman, Berikut Adab Menerima Tamu Dalam Ajaran Agama Islam

“Tiada yang lebih mulia dihadapan Allah selain doa”

3. Membaca Doa Akhir Tahun

Doa ini dianjurkan untuk dibaca sebagai jalan bertaubat dan memohon ampun kepada allah atas kesalahan di tahun-tahun lalu.

“Allahumma ma’amiltu min ‘amalinfi hadzihis sanati ma nahaitani’anhu, wa lam atub minhu, wa hamalta fiha ‘alayya bi fadhlika ba’da qudratika ‘ala ‘uqubati, wa da’autani ilat taubati min ba’di jaraati ‘ala ma’shiyatik. Fa inniastaghfiruka, faghfirli wa ma’amiltu fiha mimma tardha, wa wa’atthani’alaihits tsawaba, fa’as’aluka an tataqabbala minni wa la taqtha’ raja’i minka ya karim”

BACA JUGA:Yuk Teladani Adab Bertamu ala Rasulullah SAW, Jangan Sampai Menyusahkan Tuan Rumah

Yang artinya : “Tuhanku, aku minta ampun atas perbuatan di tahun ini yang termasuk Kau larang, sementara aku belum sempat bertaubat, perbuatanku yang Kau makhlumi karena kemurahanMu, sementara Kau mampu menyiksaku, dan perbuatan (dosa) yang Kau perintahkan untuk tobat, sementara aku menerjangnya yang berarti mendurhakaiMu. Karenanya aku memohon ampun kepadaMu. Ampunilah aku. Tuhanku, aku berharap Kau menerima perbuatanku yang Kau ridhai di tahun ini dan perbuatanku yang terjanjikan pahalaMu. Jangan pupuskan harapanku Wahai Tuhan yang Maha Pemurah.”

4. Menjauhi maksiat

Maksiat adalah tindakan manusia yang melanggar hukum moral serta bertentangan dengan perintah Allah SWT. 

Perbuatan maksiat yang biasa terjadi pada malam tahn baru ialah seks bebas, konsumsi miras, menggunakan obat-obatan terlarang, hingga tasyabbuh atau ikut-ikutan umat kafir. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: