Peringatan Hari HAM Sedunia, Pj Gubernur dan Kakanwil Kemenkumham Babel Terima Penghargaan dari Menkumham

Peringatan Hari HAM Sedunia, Pj Gubernur dan Kakanwil Kemenkumham Babel Terima Penghargaan dari Menkumham

Pj. Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Safrizal Zakaria Ali dan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Bangka Belitung, Harun Sulianto terima penghargaan dari Menteri Hukum dan HAM, Prof. Yasonna H. Laoly pada puncak peringata--

JAKARTA, SUMEKS.CO – Pj. Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Safrizal Zakaria Ali dan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Bangka Belitung, Harun Sulianto terima penghargaan dari Menteri Hukum dan HAM, Prof. Yasonna H. Laoly pada puncak peringatan Hari HAM Sedunia ke-75 yang digelar Kemenkumham berkolaborasi dengan Komnas HAM, di Lapangan Banteng Jakarta, Minggu 10 Desember 2023.

Pemerintah Provinsi Bangka Belitung meraih penghargaan sebagai 5 Provinsi terbaik yang berhasil membina dan membangun sebagian besar/ seluruh Kabupaten/ Kota Peduli HAM.

Empat Provinsi lain yang mendapatkan predikat tersebut yaitu Provinsi  Banten, DKI Jakarta, D.I Yogyakarta, serta Jawa Tengah.

Semua kabupaten/ kota di Babel mendapat penghargaan dari Menkumham sebagai kabupaten Kota Peduli HAM , yakni  Kota Pangkal Pinang, Kabupaten Bangka, Belitung, Bangka Selatan, Bangka Barat, Bangka Tengah dan Belitung Timur.

BACA JUGA:6 Jenis Sofa Bed yang Nyaman dan Stylish, Solusi Praktis dan Multifungsi untuk Hunian Kecil

Kakanwil Kemenkumham Babel, Harun Sulianto mengatakan bahwa jajarannya berhasil meraih penghargaan sebagai 5 Kantor Wilayah terbaik yang berhasil mendorong sebagian besar/ seluruh Kabupaten/ Kota Peduli HAM

Selain Kanwil Babel, 4 Kanwil lain yang mendapatkan predikat tersebut yaitu Kanwil Banten, DKI Jakarta, D.I Yogyakarta, serta Jawa Tengah.

”Kami mengucapkan terima kasih kepada jajaran Pemprov Babel dan Pemkab/Pemko se Babel atas sinergi yang baik dalam Penghormatan, Perlindungan, Pemajuan, Penegakan, dan Pemenuhan HAM di Babel,“ kata Harun.

Kadivyankumham kanwil Kemenkumham Babel Fajar Sulaiman Taman mengatakan, Piagam Penghargaan untuk  Kabupaten / Kota tersebut nantinya akan diserahkan oleh Pj. Gubernur Babel kepada para Bupati/Walikota yang direncanakan pada tanggal 18 Desember 2023 bertempat di Kantor Gubernur Babel. 

BACA JUGA:Pj Gubernur Sumsel Presentasi Keberhasilan Penanganan Karhutla di Dubai, Ini Pesannya

Direktur Jenderal HAM, Dhahana Putra menyampaikan bahwa acara ini diselenggarakan sebagai bentuk apresiasi kepada seluruh pemangku kepentingan di bidang pemajuan hak asasi manusia, baik itu pemerintah pusat, pemerintah daerah, masyarakat sipil, pelaku bisnis dan korporasi atas segala upaya dan kerja keras dalam mewujudkan Penghormatan, Pemenuhan, Pelindungan, Pemajuan dan Penegakan HAM (P5HAM). 

Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly dalam sambutannya mengungkapkan peringatan Hari HAM Sedunia Ke-75 yang mengusung tema “Harmoni Dalam Keberagaman” - dengan tagar #BedauntukBersatu tersebut diharapkan dapat menjadi momentum untuk merefleksikan prinsip-prinsip HAM.

“Peringatan hari HAM kali ini memilih tema Harmoni dalam Keberagaman dipandang relevan dan penting. Harmoni dalam keberagaman menjadi pengingat akan pentingnya mengakui, menghormati, dan merayakan beragaman Indonesia yang berlimpah,” ujarnya.

Sejalan dengan semangat mempromosikan keharmonisan dalam keberagaman, Yasonna mengungkapkan bahwa Kemenkumham telah menjalankan sejumlah program di bidang HAM yang menyasar instansi pemerintah maupun pelaku bisnis, di antaranya Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia (RANHAM) dan Strategi Nasional Bisnis dan Hak Asasi Manusia (Stranas BHAM).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: