11 Tips dan Trik untuk Meningkatkan Daya Tahan Baterai Laptop Tahan Lama!

11 Tips dan Trik untuk Meningkatkan Daya Tahan Baterai Laptop Tahan Lama!

Baterai laptop yang harus dirawat agar tidak cepat terkuras dan mengganggu pekerjaan.--dok : sumeks.co

SUMEKS.CO - Laptop mempunyi peran penting dalam menunjang beberapa aktivitas  seperti memudahkan pekerjaan, menunjanng pendidikan dan alat penggasil uang.

Mempertahankan daya tahan baterai laptop yang optimal merupakan keinginan utama bagi setiap pemilik laptop.

Sayangnya, seiring berjalannya waktu, baterai laptop cenderung mengalami penurunan kapasitas.

Meskipun demikian, dengan menerapkan langkah-langkah perawatan sederhana dan praktik bijak dalam pengisian daya laptop, Anda dapat memaksimalkan masa pakai baterai dan menghambat penurunan kapasitas yang cepat.

BACA JUGA:Ulasan Laptop Asus Zenbook S13 OLED UM5302: Terbaik di Kelas Ultrabook!

Pada masa kini, di mana mobilitas dan produktivitas sangat ditekankan, menjaga kesehatan baterai laptop menjadi hal yang sangat penting.

Dengan merawat baterai laptop dengan cermat, Anda dapat menghindari pengeluaran besar untuk mengganti baterai dan tetap produktif di setiap lokasi yang Anda kunjungi.

Berikut 11 tips and trik menjaga baterai  laptop tahan lama :

1.Gunakan Charger Asli Yang Berkualitas Tinggi

BACA JUGA: 7 Rekomendasi Brand Laptop Gaming Terbaik, Berikut Ulasan dan Spesifikasi Lengkapnya

Pemilihan charger yang tepat sangat penting untuk menjaga baterai laptop tetap awet. Gunakan charger asli yang disediakan oleh produsen laptop Anda atau charger berkualitas tinggi yang kompatibel dengan laptop Anda.

Charger yang tidak sesuai atau berkualitas rendah dapat merusak baterai dalam jangka panjang.

Pastikan Anda memeriksa daya keluaran charger yang sesuai dengan laptop Anda. Penggunaan charger yang memiliki daya keluaran yang terlalu rendah dapat memperlambat pengisian baterai, sedangkan charger dengan daya keluaran yang terlalu tinggi dapat merusak baterai.

2.Priksa Aplikasi Yang Berjalan Di Latar Belakang

BACA JUGA: Laptop Gaming Lenovo Legion Series 9i, Resmi Meluncur di Indonesia, Dilengkapi Chip AI

Bebarapa aplikasi  yang terus menerus berjalan di belakang latar yang berpotensi tinggi  mengurangi daya tahan batrai laptop anda, maka dari itu selalu periksa secara  rutin aplikasi yang berjalan di latar belakang, dan pastikan anda menutup  aplikasi yang tidak anda gunakan.

3.Periksa Pengaturam Sistem

Periksa konfigurasi sistem di laptop Anda guna menentukan apakah terdapat opsi pengaturan yang dapat digunakan untuk mengonservasi daya baterai.

Tetapkan parameter seperti lamanya waktu tunda layar, waktu masuk mode hibernasi, dan waktu penonaktifan otomatis untuk efektif mengurangi konsumsi daya baterai dengan mudah.

BACA JUGA:17 Rekomendasi Laptop Murah Untuk Mahasiswa dan Pelajar,Harga Mulai 2 Jutaan

4.Selalu Jaga Dan Bersihkan Laptop Anda Dengan Baik

Laptop yang kotor dan kurang terawat dapat menyebabkan masalah overheat, yang kemudian dapat mempercepat penurunan daya baterai.

Pastikan untuk secara rutin membersihkan debu dan menjaga kebersihan laptop Anda. Tempatkan laptop di permukaan datar agar sirkulasi udara terjaga dengan baik, membantu mencegah terjadinya overheating yang dapat berdampak negatif pada daya tahan baterai.

5.Jangan Biarkan Baterai  Laptop Anda  Sampai 0 %

BACA JUGA:Xiaomi Merilis Model Laptop Terbaru Redmi Book 14 dan 16, Didukung Prosesor Intel Core Generasi ke-13

Menggunakan baterai laptop secara teratur hingga habis atau mencapai nol persen dapat menyebabkan penurunan kapasitas baterai yang lebih cepat. Disarankan untuk mulai mengisi daya laptop ketika tingkat baterai mencapai sekitar 20-30 persen. Jika memungkinkan, sebaiknya dihindari pengosongan total baterai.

Bagusnya, usahakan untuk menjaga tingkat baterai dalam kisaran 20-80 persen. Mengadopsi siklus pengisian yang lebih terbatas ini dapat membantu melambatkan penurunan kapasitas baterai Anda.

6.Jaga Suhu Laptop Anda

Elevasi suhu pada laptop bisa merugikan baterai. Pastikan agar laptop Anda tidak mengalami pemanasan berlebihan selama penggunaan. Hindari meletakkan laptop pada permukaan yang menghambat sirkulasi udara yang efisien. Melakukan pembersihan secara teratur pada kipas dan sistem pendingin laptop juga dapat membantu menjaga suhu agar tetap optimal.

BACA JUGA:7 Rekomendasi Laptop Touchscreen Terjangkau dan Performa Super

Tempatkan laptop pada permukaan yang datar dan keras. Meletakkan laptop di atas permukaan yang lembut, seperti bantal atau kasur, dapat menghalangi aliran udara yang diperlukan dan menyebabkan peningkatan suhu laptop.

7.Hentikan  Pengisisan Saat Baterai Sudah Penuh

Jika Anda terus mengisi daya laptop setelah baterainya mencapai penuh, hal ini dapat memberikan tekanan ekstra pada baterai dan mempercepat penurunan kapasitasnya.

Sebagian besar laptop modern sudah dilengkapi dengan fitur otomatis yang menghentikan pengisian begitu baterai mencapai 100 persen. Pastikan untuk memeriksa apakah fitur ini diaktifkan atau, jika memungkinkan, lepaskan charger setelah baterai terisi penuh.

BACA JUGA: 5 HP POCO Ini Cocok untuk Gamers, GPU Terbaik Hasilkan Grafis dan Visual Bagus

Selain fitur otomatis, beberapa laptop juga menyediakan opsi untuk mengatur level maksimal pengisian baterai, misalnya, pada 80 persen. Opsi ini bermanfaat jika Anda sering menggunakan laptop di tempat pengisian yang tetap.

8.Hindari Pengisian Berlebihan(Overcharging)

Meskipun laptop modern telah dilengkapi dengan fitur keamanan untuk mencegah overcharging, lebih baik untuk menghindarinya. Jika Anda mengisi baterai laptop hingga mencapai 100 persen dan terus mempertahankan koneksi listrik secara berkelanjutan, hal ini dapat mempercepat penurunan kapasitas baterai.

 Sangat disarankan untuk mencabut charger atau menonaktifkan fungsi pengisian otomatis setelah baterai terisi penuh.

BACA JUGA:Terniat Geser Iphone, Rupanya Nokia X 150 5G, Menempel Batre 7900 mAh, Hp Anti Ngelag pas Ngegame

Beberapa produsen laptop menyediakan perangkat lunak yang memungkinkan pengguna untuk mengontrol proses pengisian baterai. Manfaatkan perangkat lunak tersebut untuk mengatur batas pengisian baterai sesuai dengan preferensi Anda.

9.Perhatikan Lingkungan Pengisian

Tempat di mana Anda mengisi daya laptop juga memiliki signifikansi. Hindari mengisi daya laptop di lingkungan dengan suhu yang terlalu tinggi atau terlalu rendah, karena suhu ekstrem dapat menyebabkan kerusakan pada baterai. Pastikan bahwa area pengisian aman dari guncangan atau getaran yang dapat membahayakan komponen internal baterai.

Jika Anda tinggal di wilayah dengan suhu ekstrem, disarankan untuk menyimpan laptop pada suhu kamar ketika tidak digunakan, bukan di dalam mobil yang mungkin terpapar panas sinar matahari.

BACA JUGA:Saingi iPhone, Nokia X 150 5G 2023 Hadir dengan Chipset Qualcom Snapdragon, Anti Ngelag Saat Main Game

10.Lakukan Kalibrasi Baterai

Sebagian laptop dilengkapi dengan opsi kalibrasi baterai yang dapat mendukung peningkatan masa pakai baterai. Prosedur ini melibatkan pengosongan baterai hingga habis, kemudian mengisi daya hingga penuh. Lakukan kalibrasi baterai sesuai dengan petunjuk yang diberikan oleh produsen laptop Anda.

Penting untuk melaksanakan kalibrasi baterai secara berkala, disarankan sekali setiap beberapa bulan. Tindakan ini membantu laptop Anda dalam mengukur kapasitas baterai dengan lebih akurat.

11. Perbarui Firmware atau Driver Laptop

BACA JUGA: Telkomsel Luncurkan Paket GamesMAX Booster, Main Mobil Games Sepuasnya!

Terkadang, produsen merilis pembaruan firmware atau driver yang dapat meningkatkan manajemen daya dan efisiensi baterai. Pastikan bahwa laptop Anda selalu memiliki firmware atau driver terbaru untuk memaksimalkan kinerja baterai.

Selain pembaruan firmware dan driver, pastikan juga sistem operasi laptop Anda selalu diperbarui. Pembaruan pada sistem operasi seringkali mencakup perbaikan terkait manajemen daya.

Dengan mengikuti Tips and Triks di atas, Anda dapat memastikan bahwa baterai laptop Anda tetap awet dan memiliki umur pakai yang panjang. Menjalani proses pengisian baterai secara bijak dan merawat laptop dengan baik merupakan kunci utama untuk mempertahankan kinerja laptop Anda pada tingkat optimal.

BACA JUGA:Nokia C110 5G Hadir dengan Layar 6,3 Inci Nyaman untuk Main Game Seharian

Ingatlah bahwa hasilnya mungkin tidak terlihat secara instan, namun perawatan yang konsisten akan memberikan hasil positif dengan baterai yang lebih tahan lama dan kinerja laptop yang lebih baik dalam jangka panjang.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: