Snorkeling di Pulau Lengkuas, Belitung Bikin Mabuk dan Kecanduan!

Snorkeling di Pulau Lengkuas, Belitung Bikin Mabuk dan Kecanduan!

Snorkeling atau skin diving adalah kegiatan menyelam dengan bantuan alat (masker selam) snorkel dan kaki katak.--dok : sumeks.co

BACA JUGA:5 Tips Liburan Anti Mainstrem Low Budget Buat Mahasiswa dan Pelajar, Nomor 5 Bikin Kantong Gak Jebol

Salah satu daya tarik sekaligus keindahan pantai ini adalah pasir pantainya yang berwarna putih dan bersih. 

Tidak banyak pantai yang memiliki pasir seindah di pantai ini. Pasir pantai terbentang luas sepanjang bibir pantai yang dipadukan dengan batu-batuan besar yang semakin membuatnya semakin unik dan indah.

7. Mercusuar

Salah satu bangunan ikonik di pulau ini adalah mercusuar. Bangunan ini termasuk salah satu bangunan bersejarah. 

BACA JUGA:Jelang Libur Nataru, Objek Wisata Batu Ampar Muratara Incaran Warga Luar Daerah

Pemerintahan Belanda membangunnya sejak tahun 1882 untuk memantau kondisi di laut lepas dari ketinggian. 

Bangunan yang menjulang tinggi hingga 52 meter ini juga digunakan para pelayar sebagai penunjuk arah dan menandakan bahwa ada daratan didaerah tersebut. Kalau ke Pulau Lengkuas jangan sampai melewatkan untuk berfoto disini ya.

8. Pulau Timbul

Salah satu keajaiban yang ada di lokasi wisata ini adalah pulau  timbul. Pulau timbul ini berupa gundukan pasir putih yang muncul di tengah laut saat air surut. 

BACA JUGA:Mau Liburan ke Thailand? Yuk Intip Tips Mencari Kuliner Halal, Hati-hati Nomor 9 Jangan Sampai Terjebak!

Ketika air pasang, gundukan pasir tersebut akan tenggelam kembali ke dalam air. Fenomena ini terjadi karena adanya pertemuan arus laut dan perbedaan pasang surut yang cukup besar di daerah tersebut. 

Pulau kecil dari pasir putih tersebut bisa muncul dan tenggelam. Luas pula ini bervariasi tergantung dari kondisi pasang surut air laut saat itu. 

Saat kondisi air surut biasanya pulau kecil ini berbentuk memanjang dan bisa dijangkau menggunakan perahu. Wisatawan dapat mengunjungi pulau ajaib itu dengan menyewa perahu dari bibir pantai sekaligus untuk menyebrang ke menara mercusuar. 

Jika beruntung, bisa menemukan biota-biota laut yang terjebak dipasir tersebut. Biasanya ada beberapa bintang laut atau kerang yang tidak ikut terbawa air saat surut, mereka akan muncul di pulau ajaib ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: