WOW Semua Bank di Indonesia Bakal Bertransformasi Jadi Digital di Masa Depan

WOW Semua Bank di Indonesia Bakal Bertransformasi Jadi Digital di Masa Depan

Transformasi bank digital di Indonesia-Foto : Ilustrasi-

BACA JUGA:Bank Digital SeaBank Bagi-bagi Iphone Gratis, Nasabah Bank Cukup Main TTS

Sementara itu hal transformasi atau perubahan untuk perkembangan ini bahkan sudah diprediksi  oleh Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk (BCA), Jahja Setiaatmaja pada 2021 lalu tentang sengitnya persaingan industri perbankan khusunya digital di Tanah Air di masa depan.

Tidak sampai disitu saja dirinya bahkan memproyeksikan dalam waktu 10 tahun ke depan hanya akan ada 3 bank digital saja yang akan bertahan dengan eksistensinya.

Sementara itu hingga 2023 ini angka bank digital semakin naik dan bertumbuh bahkan dengan keberadaan bank digital menjadi penting untuk memfasilitasi transaksi nasabah khususnya segmen milenial dan generasi-z dan juga masyarakat yang belum memiliki rekening bank atau unbanked. 

Selanjutnya, Jahja juga menyebutkan meski pemain bank digital di dalam negeri terus menerus menjamur, tapi di masa depan atay waktu yang akan datang hanya akan ada segelintir bank saja yang menjadi jawara pasar. 

BACA JUGA:TERBARU, Ini Cara Cairkan Saldo DANA Rp 35 Ribu dari Bank Digital, Cuma Bagikan Kode dan Anti Ribet

"Saya pikir di Indonesia 10 tahun dari sekarang, hanya akan melihat ada 3 bank digital," ujarnya.

Contohnya menurut Jahya hal ini terlihat pada sejumlah layanan keuangan dan fintech yang menguasai pasar di berbagai negara. 

"Kita lihat di China ada WeChat, berapa banyak yang kaya WeChat? Apa ada 10 WeChat? Enggak ada. Di Korea ada Kakao Bank, apa ada 10 Kakao Bank? Enggak ada, hanya satu," tutur Jahja. 

Bank digital yang bersaing dalam pasar yang sama perlu befokus dalam melakukan investasi dan menentukan partner yang tepat untuk memenangkan pasar dan kompetisi digital yang ada. 

BACA JUGA:SEDERET Kelebihan dan Kekurangan Bank Digital SeaBank, Baru Buka Rekening Yuks!

Pengaruh besar dari berkembangnya suatu industri perbankan ini akan bergantung pada partner yang mereka gandeng sehingga akan menentukan perkembangan bank digital.

Terbukti dalam beberapa tahun terakhir ini layanan bank digital semakin populer serta kemudahan transaksi dan berbagai penawaran menarik membuat banyak orang semakin tertarik dan ingin berpaling menggunakan bank berbasis digital.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: