WOW Semua Bank di Indonesia Bakal Bertransformasi Jadi Digital di Masa Depan

WOW Semua Bank di Indonesia Bakal Bertransformasi Jadi Digital di Masa Depan

Transformasi bank digital di Indonesia-Foto : Ilustrasi-

SUMEKS.COTransformasi tampaknya juga akan terjadi pada industri perbankan yang diprediksi akan berubah rata menggunakan teknologi digital di masa yang akan datang.

Hal ini diramalkan akan terjadi dalam kurun waktu 10 sampai 20 tahun mendatang lantaran pergeseran industri perbankan yang terus menerus terjadi serta perkembangan zaman.

Transformasi ini sepertinya sudah terbaca sejak kini dimana Direktur Segara Institute Piter Abdullah Redjalam mengkonfirmasi beberapa kemungkinan yang akan terjadi dalam industri perbankan.

Bank digital akan terus meningkat baik layanannya dan maupun jumlahnya, Pada kurun waktu tertentu, 10 sampai 20 tahun lagi, kita tidak akan mengenal lagi yang namanya Bank digital, karena semua Bank sudah menjadi Bank digital saat itu,” kata Piter dikutip dari berbagai sumber pada Jumat, 8 Desember 2023.

BACA JUGA:Buka Rekening Bank Digital Allo Bank Bisa Dapat Cuan? Pasti Untung Begini Caranya

Bukan di masa depan saja melainkan saat ini pun diketahui dalam industri perbankan mulai banyak bank yang mengembangkan layanan dan beralih ke model bisnis digital.

Umumnya sebagian besar bank yang memuat bank digital biasanya menggunakan anak usahanya atau bank kecil yang kemudian berkembang dengan berbagai teknologi digital.

Sudah jadi rahasia umum karena tentu dalam industri perbankan yang terus menerus berkembang ini termasuk dalam tahap persaingan bank di era digital.

"Saat ini pengembangan dan pendirian bank digital terus belangsung dan merupakan tahap awal persaingan bank di era digital," ungkap Piter. 

BACA JUGA:Undang Teman Buka Rekening Bank Digital SeaBank, Uang Mengalir ke Rekening Rp35.000, TERBUKTI

Bukan tidak mungkin dalam beberapa waktu ke depan di dunia yang sudah serba digital segala hal akan bereformasi mengikuti perkembangan zaman dan siap-siap bagi yang tidak mengikuti perkembangan teknologi digital khususnya akan tertinggal jauh bahkan kalah saing.

“Mereka melakukan itu karena mereka tau jika tidak bertransformasi ke bank digital, mereka akan kalah dalam persaingan di masa depan," lanjutnya. 

Nah untuk melakukan transformasi dari bank yang awalnya biasa ke bank digital menggunakan ekosistem sebagai basis.

Lebih lanjut Piter menjelaskan bahwa semua bank digital nantinya harus membangun ekosistemnya sendiri dengan cara berkolaborasi tujuannya untuk dapat bersaing dengan perbankan digital lain. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: