Alhamdulillah, 3 Bansos Masih Cair Hingga Akhir Desember 2023, Cek Nama Penerima Lewat Link Ini

Alhamdulillah, 3 Bansos Masih Cair Hingga Akhir Desember 2023, Cek Nama Penerima Lewat Link Ini

Ilustrasi--dok : sumeks.co

SUMEKS.CO - Memasuki awal bulan Desember 2023, ada tiga bantuan sosial yang masih akan cair. Masing-masing merupakan tahap akhir. Penerima bisa langsung cek pencairannya secara online.

Bansos ini diberikan kepada penerima manfaat untuk membantu dalam memenuhi kebutuhan sekaligus mensejahterakan masyarakat yang namanya terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial.

Nantinya ada uang bantuan yang akan diterima Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Dimana dana Bansos akan langsung masuk ke rekening masing-masing penerima yang memenuhi syarat tertentu.

Tiga Bansos yang masih akan dicairkan pemerintah pada bulan Desember 2023 ini akan berupa uang bantuan yang berbeda-beda sesuai Bansos yang didaftarkan.

BACA JUGA:Bansos PKH 2023 Kembali Cair, Ibu Hamil dan Balita Auto Dapat Uang Tunai Rp750 Ribu, Buruan Cek!

Tidak sedikit masyarakat yang masih terus menantikan penyaluran 3 Bansos ini termasuk diantaranya adalah Bansos El Nino yang bisa diterima masyarakat, dengan memenuhi syarat tertentu.

Selain Bansos El Nino 2 diantara 3 Bansos yang akan cair adalah Bansos PKH dan BPNT. Jadi KPM dapat kembali memastikan namanya apakah masih menjadi penerima Bansos atau tidak.

Penting untuk diingat bahwa bantuan sosial ini hanya diperuntukan KPM yang kurang mampu atau rentan ekonomi serta tergolong dalam keluarga miskin.

Para KPM bisa bersiap untuk menerima dana manfaat yang masih terus dialolasikan hingga akhir tahun 2023.

BACA JUGA: Bansos BPNT dan PKH Cair Serentak Bulan Desember 2023, Cek Kriteria Penerima Disini

Nantinya penerima dapat mencairkan bantuan dengan jumlah besaran yang berbeda-beda dari 3 bansos yang cair mulai November-Desember 2023 dengan mengakses dan cek melalui link cekbansos.kemensos.go.id.
Berikut penjelasan dari 3 bansos tersebut :

1. Bansos El Nino

Bansos satu ini merupakan salah satu yang terbaru dan diketahui masih cair hingga akhir Desember 2023 jadi penerima dapat bersiap untuk mencairkan bansos tersebut.

Adanya bantuan El Nino ini diketahui untuk menaikkan daya beli masyarakat sebab fenomena El Nino yang terdampak pada beberapa orang.

BACA JUGA:Dinsos OKI Berikan Penjelasan Bansos BLT El Nino Rp400 Ribu, Simak!

Namun menurut kabar yang beredar pemerintah hanya akan menyalurkan bantuan khusus untuk dua bulan saja dengan anggaran mencapai Rp7,52 triliun.

Nah dana tersebut disalurkan kepada 18,8 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang sudah terdaftar.

Syarat untuk mendapatkan bansos ini adalah penerima manfaat harus tercatat sebagai KPM bantuan sembako yang sudah terdata di Kementerian Sosial (Kemensos).

Dana yang akan didapatkan sebesar Rp200 ribu perbulan jadi jika ditotalkan untuk dua bulan (November dan Desember) penerima akan mendapat uang hingga Rp400 ribu.

BACA JUGA:Buruan Cek Rekening KKS! Bansos BPNT Bulan November-Desember 2023 Resmi Cair Rp400.000

Jika masih tidak yakin penerima bisa mengecek dan memastikan penerima bansos lewat laman resmi kemensos di cekbansos.kemensos.go.id.

Dalam laman tersebut penerima bisa login dengan memasukkan data yang diminta dan mencari data jadi sistem akan dengan otomatis menunjukkan apakah terdaftar sebagai penerima bansos atau tidak.

2. Bansos PKH

Bansos PKH ini juga masih terus dicairkan pemerintah, dimana penerima bantuan ini diwajibkan masuk dalam per kategorinya dengan mendapat besaran yang berbeda.

BACA JUGA: Bansos PKH Ibu Hamil Cair Hari Ini, Cek Nama Penerima Sekarang dan Ambil Saldo Bantuannya

Selain itu untuk penerima PKH yang cair dalam dua bulan setiap tahapan penerima dapat mengambilnya melalui Bank Himbara yang cair tiga bulan atau per triwulan akan dicairkan melalui PT Pos Indonesia.

Pengecekannya juga terbilang mudah yakni hanya lewat online saja dimana status pencairannya melalui link resmi cekbansos.kemensos.go.id.

Setidaknya ada 7 kategori yang akan mendapatkan bansos PKH 2023 diantaranya seperti ibu hamil, anak sekolah, usia dini, lansia dan lainnya dengan total besaran yang diterima berbeda beda.

3. Bansos BPNT

BACA JUGA: Cair Lagi! Cek Bansos BPNT 2023 Tahap 6, Siap-Siap Terima Uang Tunai

Tidak hanya bansos PKH, bantuan BPNT 2023 juga akan dicairkan kembali oleh pemerintah sampai akhir bulan Desember 2023.

Selanjutnya bansos BPNT 2023 disalurkan kepada KPM yang memenuhi kriteria tertentu.

Selain itu juga perlu memperhatikan  persyaratannya yang telah berlaku salah satunya nama harus terdaftar di DTKS Kemensos dengan melakukan pengecekan secara online melalui link resmi cekbansos.kemensos.go.id.

Total  bantuan yang akan disalurkan total sebesar Rp2.400.000 dalam satu tahun yang disalurkan dalam 4 tahapan, sehingga untuk 1 kali pencairan kemungkinan KPM akan menerima bansos Rp400.000 hingga Rp600.000.

BACA JUGA:Awal Bulan Full Senyum, Bansos BPNT Tahap 6 Masih Cair Desember 2023, Cek Status Penerimanya Sekarang

Nah itu dia informasi tentang 3 bansos yang akan cair hingga akhir tahun 2023, semoga bermanfaat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: