Siap Kantongi BLT, Bansos El Nino Cair November 2023, Cek Syaratnya Disini

Siap Kantongi BLT, Bansos El Nino Cair November 2023, Cek Syaratnya Disini

Ilustrasi--dok : sumeks.co

SUMEKS.CO - Salah satu bantuan sosial terbaru cair di bulan November 2023 yakni Bansos El Nino senilai Rp400.000 yang siap masuk ke rekening pemegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

Untuk itu disarankan bagi yang penasaran bisa cek nama penerima dengan cara mengunjungi link cekbansos.kemensos.go.id atau melalui aplikasi Cek Bansos di handphone secara online.

Bagi yang belum tahu, bansos El Nino sendiri merupakan bantuan yang dicairkan pemerintah untuk mereka yang terdampak fenomena El Nino.

Hal ini karena beberapa waktu lalu Indonesia sedang dilanda fenomena El Nino yang mana mengakibatkan kekeringan, kekurangan air bersih, gagal panen, serta kebakaran hutan dan lahan.

BACA JUGA:Pemerintah Kembali Cairkan Bansos BPNT November-Desember 2023, Buruan Cek Sekarang Jangan Sampai Hangus

Karena inilah banyak masyarakat terkena dampaknya, sehingga dikucurkannya bantuan sosial ini untuk mengatasi berbagai permasalahan yang dihadapi.

Oleh sebab itu, pemerintah akan segera menyalurkan BLT ini kepada masyarakat yang terdampak fenomena El Nino terhitung hingga akhir tahun 2023.

Nah bansos ini juga sekaligus menjadi upaya pemerintah untuk menaikkan daya beli masyarakat di tengah fenomena yang sedang terjadi di Indonesia seperti sekarang ini.

Tidak main-main bahkan anggarannya sebesar Rp 7,52 triliun yang sudah disiapkan oleh pemerintah untuk membantu sekitar 18,8 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

BACA JUGA:Siap-Siap Program Bansos Rice Cooker Gratis Cair Akhir Bulan November 2023, Begini Cara Dapetinnya

Bantuan ini akan disalutkan selama 2 bulan yang kabarnya akan digabungkan menjadi satu tahapan saja yakni November dan Desember 2023, dengan nominal masing-masing Rp200.000 per bulan dan totalnya adalah Rp400.000.

Adapun calon penerima Bantuan Langsung Tunai atau BLT ini biasanya diambil dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos dimana otomatis mereka yang sudah terdaftar sebagai penerima Program Keluarga Harapan (PKH) akan menerima bansos el nino juga.

Ini artinya akan double bansos yang diterima karena bansos ini ditujukan untuk penerima PKH, maka syarat penerima bansos El Nino sama dengan PKH.

Berikut persyaratan yang harus dipenuhi oleh KPM diantaranya sebagai berikut : 

BACA JUGA:Cek Bansos PKH Sekarang! Keluarga Penerima Manfaat Auto Dapat Uang Tunai, Alokasi Bulan November-Desember 2023

1. Warga negara Indonesia (WNI)

2. Punya KK dan KTP yang masih berlaku dari Dukcapil

3. Penerima adalah mereka yang masuk dalam kategori masyarakat miskin atau rentan

4. Bukan ASN, Polri atau TNI

BACA JUGA:Hore! Bansos BPNT Cair Lagi Hari Ini, Cek Nama Penerima dan Status Pencairan

5. Terdaftar di DTKS Kemensos

6. Dan terdampak fenomena El Nino

Sama halnya seperti bansos PKH, El Nino ini akan disalurkan melalui ATM pemegang Kartu Kesejahteraan Sosial (KKS) penerima dengan alokasi bantuan per bulan adalah Rp200.000.

KKS (Kartu Keluarga Sejahtera) sendiri merupakan kartu yang diberikan kepada KPM yang berfungsi sekaligus dalam merangkap sebagai ATM penyaluran bansos.

BACA JUGA: Kabar Gembira, Ibu Hamil Bisa Dapat Bansos PKH di Bulan November 2023 Senilai Rp750.000, Begini Caranya

Bantuan langsung tunai ini dijadwalkan akan dicairkan mulai awal November hingga akhir Desember 2023 tetapi karena penerima yang begitu luas jadi hingga kini belum ada informasi resmi yang menyatakan bahwa bBLT ini sudah cair.

Namun menurut perkiraan yang beredar penyaluran bansos El Nino akan digelontorkan dalam waktu dekat karena memang sudah memasuki pekan terakhir November 2023.

Sebelumnya pastikan dulu jika namamu masuk dalam kategori penerima sebagai penerima BLT El Nino Rp400.000 yang cair November.

Ada 2 cara pengecekan yakni lewat aplikasi dan website cekbansos.kemensos.go.id dimana KPM hanya aksel link lalu masukkan data lengkap yang diminta, kemudian verifikasi data dan cari data.

BACA JUGA: Pemilik KIP Mendapatkan Bansos PIP Kemendikbud 2023, Penerima Dapat Uang Saku hingga Rp1 Juta

Sistem dari laman resmi akan dengan otomatis memuat nama yang dicari apakah terdaftar atau tidak di sistem.

Kemudian berbeda dengan aplikasi yang mengharuskan untuk mendownload aplikasi bernama Cek Bansos di handphone.

Selanjutnya buat akun dengan memasukkan data lengkap sesuai KTP dan foto kemudian verifikasi data yang akan menjadi username dan password buat login.

Setelah semua terverifikasi login menggunakan username dan password dan data akan otomatis mencari penerima bansos dimana apabila nama kamu terdata di DTKS Kemensos, maka akan muncul juga sederet data penerima bantuan sosial secara rinci.

BACA JUGA:Resmi Cair! Bansos PKH dan BPNT November-Desember 2023, Buruan Cek Sekarang Juga

Nah itu dia informasi mengenai pencairan dan penyaluran bansos el nino 2023 yang segera cair dalam waktu dekat, semoga membantu.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: