Siap-Siap Program Bansos Rice Cooker Gratis Cair Akhir Bulan November 2023, Begini Cara Dapetinnya

Siap-Siap Program Bansos Rice Cooker Gratis Cair Akhir Bulan November 2023, Begini Cara Dapetinnya

Pemerintah akan menyalurkan bantuan sosial rice cooker ke masyarakat akhir bulan ini.--dok : sumeks.co

SUMEKS.CO – Pemerintah akan meluncurkan bantuan sosial alat memasak berbasis listrik (AML) secara gratis kepada masyarakat, kabarnya akan mulai disalurkan akhir bulan November 2023 ini.

Keputusan tersebut bahkan sudah resmi dan disampaikan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Dadan Kusdiana, dengan tujuan mendorong penggunaan energi bersih di berbagai sektor.

Penyaluran bantuan sosial ini untuk masyarakat sudah tertuang dalam Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (Permen ESDM) Nomor 11 Tahun 2023.

Isi keputusan tersebut tentang penyediaan Alat Memasak Berbasis Listrik (AML) dengan dana penyaluran sebesar Rp347,5 miliar. 

BACA JUGA:Emak-emak Harus Tahu Ini! Barang Bekas Ini Mampu Lenyapkan Kerak Rice Cooker

Melalui program dari pemerintah tersebut masyarakat akan mendapatkan rice cooker secara gratis dengan syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. 

Program Bansos rice cooker gratis ini disalurkan pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang bekerja sama dengan PT PLN Persero.

Pembagian alat memasak berbasis listrik (AML) gratis berupa rice cooker ini bukan tanpa sebab melainkan dengan tujuan untuk mengurangi laju impor gas LPG.

Akan ada sekitar 500 ribu unit rice cooker yang telah disiapkan untuk dibagikan kepada masyarakat perdana di tahun 2023 ini.

BACA JUGA:Bansos Rice Cooker Segera Cair? Catat Jadwal dan Syarat Penerimanya Siapa Tahu Dapat

Pemerintah bahkan sudah mendata sebanyak 333 ribu calon penerima bantuan yang berasal dari usulan kepala desa atau pemerintah daerah setempat mulai pertengahan bulan.

Awalnya, program Bansos ini dijadwalkan akan cair pada awal bulan November 2023 tetapi pemerintah menargetkan untuk penyaluran rice cooker gratis mulai dibagikan akhir November 2023, tepatnya pada minggu keempat bulan November hingga bulan Desember 2023 mendatang.

Adanya penundaan ini dikarenakan program rice cooker gratis ini masih dalam tahap pengadaan saar produsen akan mulai memastian ketersediaan barang.

Tapi sebelum itu penting untuk diingat mengenai syarat penerima bansos program rice cooker gratis yang ditentukan oleh pemerintah, antara lain sebagai berikut :

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: