Setelah BPNT, PKH, dan BLT El Nino, Pemerintah Bagikan Rice Cooker Gratis di Bulan November Ini

Setelah BPNT, PKH, dan BLT El Nino, Pemerintah Bagikan Rice Cooker Gratis di Bulan November Ini

Pemerintah Pusat melalui Kementerian ESDM akan membagikan rice cooker gratis di bulan November ini. --

SUMEKS.CO - Pemerintah Indonesia telah membagikan sejumlah Bantuan Sosial (Bansos), kepada para Keluarga Penerima Manfaat (KPM). 

Bansos yang telah dibagikan Pemerintah Pusat, diantaranya, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH). 

Dalam waktu dekat, Pemerintah Indonesia juga akan membagikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino, serta bantuan rice cooker

Bantuan rice cooker atau alat penanak nasi elektrik ini, akan dilakukan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

BACA JUGA:Cek Sekarang Juga, Bansos Khusus Lansia Rp600 Ribu Masih Akan Cair Hingga Akhir Tahun

Kementerian ESDM sendiri, telah menargetkan bahwa bagi-bagi rice cooker ini akan direalisasikan mulai November 2023 ini juga. 

Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM, Dadan Kusdiana menjelaskan, untuk membagikannya pihaknya harus melewati beberapa tahapan.

"Sebelum dibagikan langsung kepada masyarakat, pastinya harus melewati berbagai tahapan. Tapi kami berusaha November ini pembagiannya," tegasnya. 

Adapun tahapan yang harus dilewati tersebut, yakni, pengadaan melalui e-katalog, hingga penandatanganan kontrak dengan produsen.

BACA JUGA:Bansos BPNT 2023 Telah Cair, Berikut Cara Mencairkan, Pastikan Telah Terdaftar Sebagai KPM

"Pokoknya siap-siap saja, soalnya sudah ada beberapa yang sudah tanda tangan kontrak," sebutnya. 

Untuk diketahui, Kementerian ESDM menargetkan pendistribusian rice cooker sebanyak 500.000 unit ke seluruh Indonesia.

Berdasarkan Peraturan Menteri ESDM Nomor 11 Tahun 2023, bahwa kriteria penerima bantuan rice cooker adalah rumah tangga berdaya 450 VA sampai dengan 1.300 VA.

Kemudian, khusus bagi masyarakat yang berdomisili di daerah tersedia listrik 24 jam menyala, serta tidak memiliki rice cooker.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: