DSRG UBD Gelar Workshop Penyusunan Pemetaan Jalan Penelitian Dosen, Ini Manfaatnya

DSRG UBD Gelar Workshop Penyusunan Pemetaan Jalan Penelitian Dosen, Ini Manfaatnya

DSRG UBD Gelar Workshop Penyusunan Pemetaan Jalan Penelitian Dosen, Ini Manfaatnya.--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Data Science Research Group (DSRG) yang merupakan salah satu riset grup di Universitas Bina Darma (UBD) Palembang yang diketuai oleh Dr. Edi Surya Negara, M.Kom. menyelenggarakan Workshop secara hybrid pada 11 November 2023.

Workshop ini bertema "Penyusunan Peta Jalan Penelitian Dosen" dan diikuti oleh dosen-dosen di Universitas Bina Darma.

“Workshop ini merupakan kedua kalinya diadakan Data Science Research Group yang dilaksanakan offline di Smart Class dan online melalui Microsoft Teams Meeting” jelas Kanero Juniar selaku Ketua Riset Grup Mahasiswa di DSRG.

Manfaat Penyusunan Peta Jalan Penelitian memiliki banyak manfaat, baik bagi individu maupun institusi.

BACA JUGA:7 Tempat Tidur Tingkat Minimalis, Solusi untuk Kamar Tidur Kecil dan Nyaman

Berikut adalah beberapa manfaat dari penyusunan peta jalan penelitian:

  • Memudahkan merespon masalah

Peta jalan penelitian dapat membantu peneliti untuk merespon masalah secara lebih efektif dan efisien. Dengan memiliki peta jalan penelitian, peneliti dapat dengan cepat mengidentifikasi masalah yang perlu diteliti dan menyusun rencana penelitian untuk mengatasi masalah tersebut. 

  • Mengembangkan kerangka kerja penelitian

Peta jalan penelitian dapat membantu peneliti untuk mengembangkan kerangka kerja penelitian yang sistematis dan terstruktur.

Kerangka kerja penelitian ini akan membantu peneliti untuk tetap fokus pada tujuan penelitian dan memastikan bahwa penelitian berjalan sesuai rencana. 

BACA JUGA:Kapolda Sumsel Tegaskan Poin Penting Menjelang Tahapan Pemilu 2024, Natal dan Tahun Baru

  • Mempercepat pendanaan penelitian

Peta jalan penelitian dapat membantu peneliti untuk meningkatkan peluang mendapatkan pendanaan penelitian. Dengan memiliki peta jalan penelitian yang jelas dan terukur, peneliti dapat meyakinkan pemberi dana bahwa penelitian mereka layak untuk didanai. 

  • Mendukung pengambilan keputusan

Peta jalan penelitian dapat digunakan untuk mendukung pengambilan keputusan dalam penelitian. Peta jalan penelitian dapat memberikan gambaran yang jelas tentang kemajuan penelitian dan membantu peneliti untuk membuat keputusan yang tepat tentang arah penelitian selanjutnya. 

Secara keseluruhan, penyusunan peta jalan penelitian merupakan langkah penting yang dapat membantu peneliti untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi penelitian.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: