Kukuhkan Ayah dan Bunda Genre di Ogan Ilir, Wabup Minta Peran Serta Turunkan Angka Stunting

Kukuhkan Ayah dan Bunda Genre di Ogan Ilir, Wabup Minta Peran Serta Turunkan Angka Stunting

Wakil Bupati Ogan Ilir, Ardani, menyematkan selempang terhadap Bunda Genre di Kecamatan Rantau Alai, Kamis, 23 November 2023.--

OGAN ILIR, SUMEKS.CO - Wakil Bupati OGAN ILIR, Ardani, melantik Ayah dan Bunda Generasi Berencana (Genre) di enam kecamatan yang ada di Kabupaten OGAN ILIR.

Pelantikan Ayah dan Bunda serta Duta Genre Kecamatan dan Desa/Kelurahan tersebut dipusatkan di Halaman Kantor Camat Rantau Alai Kabupaten Ogan Ilir, Kamis, 23 November 2023.

Ardani berpesan, kepada seluruh Ayah dan Bunda Genre kecamatan yang ada di Kabupaten Ogan Ilir, supaya dapat berperan aktif dalam penurunan angka stunting di Kabupaten Ogan Ilir.

"Ayah Bunda serta Duta Genre ini merupakan tiga komponen penting dalam pencegahan dan penurunan stunting sesuai tugas masing-masing," ungkapnya.

BACA JUGA:2.620 Anak PAUD dan TK di Ogan Ilir Antusias Meriahkan Gebyar Polsanak

Kemudian, peran penting Ayah Bunda Genre ini adalah menghantarkan para remaja, untuk menjadi calon orang tua yang cerdas. 

Sedangkan, remaja sendiri bertugas untuk mengkampanyekan kesehatan reproduksi, seperti, mencegah pernikahan dini, seks bebas, dan mencegah penyalahgunaan narkotika kepada generasi muda. 

"Duta Genre di desa serta kelurahan ini juga harus menjadi virus generasi berencana, dan hendaknya sampai ke pelosok-pelosok daerah serta sampai ke seluruh remaja," paparnya. 

"Sehingga, salah satu tugas para Duta Genre adalah bagaimana untuk bisa mengkampanyekan cikal bakal calon ayah dan ibu guna memutus rantai stunting," tutupnya. 

BACA JUGA:36 Peserta Unjuk Kebolehan Kompetisi Roket Air Pelajar se-Sumsel di Kampus Unsri Indralaya Ogan Ilir

Terpisah, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPPAPPKB) Kabupaten Ogan Ilir, Husnidayati mengatakan, dari kegiatan ini juga pihaknya ingin menyosialisasikan bagaimana pentinya program keluarga berencana bagi masyarakat. 

"Kita ingin Ayah Bunda serta Duta Genre ini nantinya bisa jadi pelopor di masyarakat kecamatan, maupun desa dan kelurahan, terutama untuk penurunan angka stunting," ungkapnya. 

Adapun Ayah Bunda dan Duta Genre yang dikukuhkan oleh Wabup Ogan Ilir, hari ini adalah Kecamatan Rantau Alai, Kandis, Indralaya, Indralaya Selatan, Tanjung Raja, serta Pemulutan Selatan. 

Bunda Genre Kecamatan Rantau Alai, Febrina Mudianti mengatakan, bahwa setelah dikukuhkan menjadi Bunda Genre Kecamatan Rantau Alai, dirinya bertekad untuk menjadi contoh yang baik bagi masyarakat Kecamatan Rantau Alai. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: