Optimalkan Layanan ke Masyarakat, Hutama Karya Klaim Sudah Terapkan Teknologi Canggih di Seluruh Tol-nya

Optimalkan Layanan ke Masyarakat, Hutama Karya Klaim Sudah Terapkan Teknologi Canggih di Seluruh Tol-nya

Salah satu teknologi lighting yang diterapkan oleh PT Hutama Karya (Persero) di salah satu Jalan Tol miliknya. --

SUMEKS.CO - PT Hutama Karya (Persero), terus melakukan inovasi berbasis teknologi yang berkelanjutan, untuk menciptakan infrastruktur teknologi yang dapat menunjang bisnis perusahaan dalam memberikan pelayanan yang optimal bagi pengguna jalan tol

Saat ini, Hutama Karya telah mengembangkan lima teknologi dalam peningkatan pelayanan, seperti, pengembangan Water Treatment Plant (WTP), penerapan smart lamp di sejumlah tol yang dikelola.

Pengembangan aplikasi HK Toll Apps sebagai media informasi berkendara di jalan tol Hutama Karya berbasis mobile, penerapan sistem Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) yang terintegrasi dengan ETLE nasional dalam penindakannya.

Pemasangan alat Weigh in Motion (WIM) dalam menciptakan jalan tol yang bebas dari kendaraan Overdimension and Overload (ODOL). 

BACA JUGA:Hutama Karya Lakukan Perbaikan Jalan Tol Terpeka dan Tol Permai Jelang Nataru, Ini Dia Titik Lokasinya

Selain itu, terdapat tiga teknologi yang mempermudah operasional tol seperti pengembangan Intelligent Traffic System (ITS), Smart Closed Circuited Television (Smart CCTV) dan Data Remote Traffic Microwave Sensor (RTMS) yang dapat mendeteksi kendala di jalan tol dan pendeteksian kondisi lalu lintas secara real-time. 

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Tjahjo Purnomo mengatakan, bahwa penerapan teknologi tersebut menjadi jawaban atas kebutuhan dan tantangan yang dihadapi dalam operasional jalan tol, serta mempermudah pengguna jalan dalam mengakses informasi dan memantau lalu lintas terkini dari ruas-ruas tol yang ingin dilintasi. 

"Pengguna jalan tol dapat memantau langsung kondisi lalu lintas sebelum berkendara melalui Smart CCTV secara real-time yang tersedia di aplikasi HK Toll Apps," tambah Tjahjo, Selasa, 21 November 2023.

BACA JUGA:Tercatat 210 Ribu Kendaraan, Lintasi Jalan Tol Hutama Karya Setiap Harinya, Tertinggi di Trans Sumatera

Lebih lanjut, Tjahjo menambahkan, bahwa sistem ITS telah lama dikembangkan, dengan menggunakan Artificial Intelligence (AI) yang dikendalikan secara terpusat di command center yang berlokasi di HK Tower, serta dapat diakses di control room masing-masing cabang tol dengan penjagaan personil selama 24 jam. 

Keunggulan dari sistem ini, dapat mendeteksi dan menganalisis kendali pendapatan tol, kendali performa peralatan tol, kendali kondisi lalu lintas melalui CCTV yang terintegrasi ke sistem ITS, kendali penanganan pothole atau lubang di jalan tol, hingga kendali keluhan pelanggan atau sentiment analysis dari media sosial.

Sedangkan untuk Penerangan Jalan Umum (JPU), Hutama Karya telah memasang sebanyak total 3.704 buah smart lamp di Tol Bakauheni-Terbanggi Besar, Tol Pekanbaru-Dumai, Tol Medan-Binjai dan Tol Sigli-Banda Aceh. 

BACA JUGA:Sayonara Festival Burai II Tahun 2023, Simak Daftar Pemenang Lombanya di Sini!

Keunggulan dari smart lamp ini yaitu fitur pengaturan otomatis dan pemantauan jarak jauh yang sangat mempermudah pengoperasian tol serta dengan penggunaan LED membuat lampu ini lebih hemat energi dibandingkan dengan lampu konvensional. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: