Ini yang Akan Terjadi Pada Tubuh Jika Kurang Konsumsi Buah dan Sayur Setiap Hari

Ini yang Akan Terjadi Pada Tubuh Jika Kurang Konsumsi Buah dan Sayur Setiap Hari

Ilustrasi--dok : sumeks.co

SUMEKS.CO - Jika ingin tubuh lebih sehat tentunya mesti menerapkan pola hidup sehat diimbangi dengan konsumsi sayur dan buah-buahan yang cukup.

Dalam pola makan yang sehat tentunya tidak lepas dari buah dan sayur yang masuk dalam daftar makanan sehari-hari.

Tentunya bukan tanpa alasan, karena buah dan sayur merupakan asupan yang kaya akan vitamin, serat, kalium, magnesium, dan antioksidan.

Namun bagaimanakah jika tubuh kekurangan konsumsi sayur dan buah? Apakah dampaknya pada tubuh bila tidak tercukupi?

BACA JUGA:Mau Tampil Sehat dan Cantik, Berikut 9 Sayuran Mengandung Kolagen yang Baik Untuk Kulit

Seperti yang diketahui bahwa dengan makan yang mencakup buah dan sayuran bisa sangat berpengaruh untuk kesehatan tubuh. Salah satunya adalah bisa menurunkan tekanan darah, mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker, serta meningkatkan kesehatan pencernaan.

Jadi sudah terbayang kan, apa sih dampak yang bisa timbul jika seseorang kurang konsumsi buah dan sayur?

Salah satunya mungkin dalam jangka pendek seseorang mungkin akan mengalami berbagai gangguan kesehatan seperti pencernaan. Misalnya sembelit, diare, dan wasir.

Mengerikannya lagi adalah dalam waktu jangka panjang kemungkinan bisa meningkatkan risiko anemia, penyakit kardiovaskular, hingga kanker. Apalagi ditambah dengan tidak menerapkan gaya hidup sehat lainnya, seperti olahraga rutin atau tidur yang cukup.

BACA JUGA:8 Buah Langka dan Mahal Asli Indonesia, Nomor 6 Banyak Manfaat Bagi Kesehatan

Tak hanya itu saja namun beberapa penelitian yang dikutip dari berbagai sumber salah satunya dari Harvard University mengungkapkan bahwa jika seseorang melakukan diet yang mengandung banyak buah dan sayuran kemungkinan besar malah akan menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Nah akhirnya setelah menganalisis hasil tersebut dan kemudian mengganungkannya menjadi suatu temuan dari penelitian lain memperkirakan bahwa risiko penyakit jantung 20 persen lebih rendah.

Ini akan dibandingkan dengan individu yang makan lebih dari lima porsi buah dan sayuran per harinya sehingga akan berbanding terbalik dengan mereka yang makan kurang dari tiga porsi per hari.

Tak sampai disitu saja penelitian lain bahkan menunjukkan bahwa asupan buah yang rendah bisa menyebabkan 1 dari 7 kematian akibat penyakit jantung.

BACA JUGA:Jarang Diketahui, Ternyata Buah Srikaya Punya 6 Manfaat Ampuh untuk Kesehatan Tubuh

Asupan sayur yang rendah juga bisa menyebabkan angka 1 dari 12 kematian akibat penyakit jantung terjadi.

Oleh karena itu melihat bahayanya jika tubuh kekurangan asupan nutrisi. Yang lebih menyeramkan bisa menyebabkan kematian. 

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menyarankan standar atau jumlah memakan buah dan sayur.

Nah makan sayur dan buah 5 porsi per hari, atau minimal 400 gram per hari dipercaya memiliki tujuan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, dan menurunkan banyak resiko penyakit berbahaya. Diantaranya seperti penyakit jantung, stroke, diabetes tipe 2, obesitas, dan beberapa jenis kanker.

BACA JUGA:Wow! 7 Jenis Buah dan Sayuran Ini Bikin Awet Muda, Benarkah? Ini Penjelasannya

Kemudian perlu diingat bahwa lima porsi per hari adalah jumlah minimal jadi jika melebihi batas yang disarankan kemungkinan akan lebih baik tapi tetap saja jangan terlalu berlebihan.

Tentunya dengan diimbangi variasi makanan sehat lainnya bisa membuat tubuh semakin memasok nutrisi dan akan semakin terhindar dari beberapa resiko yang berbahaya.

Nah berikut beberapa cara yang bisa dilakukan dalam menambahkan nutrisi buah dan sayur dalam porsi makan sehari-hari.

Pertama bisa dengan menambahkan irisan apel, pisang, strawberry, kiwi, atau buah lainnya, ke dalam mangkuk sarapan setiap pagi sehingga tubuh menerima energi yang cukup untuk memulai hari.

BACA JUGA:Manfaat Luar Biasa dari Sayur Brokoli, Kenali Kekayaan Nutrisi dan Dampak Positifnya pada Kesehatan

Tapi bisa dengan menambahkan variasi, seperti membuat yoghurt yang ditambahkan buah-buahan atau salad buah setiap pagi untuk sarapan.

Lalu untuk makan siang dan malam, bisa dengan mengkonsumsi satu atau dua porsi sayuran yang berbeda.

Nah hal ini nantinya bisa membantu dalam menurunkan berat badan yang ada karena nutrisi serat dimana bisa menekan rasa kenyang lebih lama dalam tubuh.

Untuk waktu cemilan menjelang sore bisa dengan menjadikan buah sebagai makanan selingan atau camilan saat lapar tanggung atau bisa juga dengan membuat jus buah dengan penambahan sayur didalamnya.

BACA JUGA:Sering Jadi Menu Favorit, Padahal 3 Sayuran Ini Dilarang Digoreng, Bisa Picu Penyakit Mematikan

Nah tunggu apalagi itu dia beberapa resiko yang akan terjadi pada tubuh jika kekurangan dalam pengonsumsian buah dan sayur.

Yuks mulai sekarang terapkan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang bergizi serta rajin olahraga.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: