Jarang Diketahui, Ternyata Buah Srikaya Punya 6 Manfaat Ampuh untuk Kesehatan Tubuh

Jarang Diketahui, Ternyata Buah Srikaya Punya 6 Manfaat Ampuh untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat buah srikaya untuk kesehatan tubuh.-Foto: Eric Dela Paz/Pixabay-

SUMEKS.CO – Srikaya termasuk salah satu buah lokal yang mudah dijumpai di Indonesia yang ternyata memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan.

Jarang diketahui, buah srikaya ternyata memiliki sejumlah manfaat yang tidak hanya terdapat dibuahnya saja melainkan bisa dari daun, batang, pohon hingga biji srikaya.

Selain itu srikaya juga tergolong kedalam jenis buah tropis yang tersebar dan tumbuh subur di berbagai daerah karena memang buah ini juga termasuk yang mudah dirawat.

Srikaya juga dikenal memiliki kandungan nutrisi dan kaya vitamin C serta mangan seperti sumber tiamin, vitamin B2, B3, B5, B9, dan zat besi, magnesium, fosfor, serta kalium.

BACA JUGA:Mau Mempertajam Ingatan Agar Tidak Mudah Pikun? Coba Konsumsi 5 Makanan Ini

Kemudian dari manfaat ini juga dapat disimpulkan bahwa srikaya memiliki sifat terapeutik yakni sebagai Anti-oksidan, Anti-malaria, Anti-inflamasi, Anti-mikroba (mencegah pertumbuhan mikro-organisme), dan Antipiretik (menurunkan demam).

Dari berbagai nutrisi serta sifatnya, srikaya dapat bermanfaat untuk kesehatan tubuh diantarannya sebagai berikut.

1. Menjaga sistem pencernaan

Srikaya termasuk salah satu buah yang bisa menjaga kesehatan pada sistem pencernaan tubuh karena buah satu ini mengandung sumber serat yang baik.

BACA JUGA:MENGERIKAN! Konsumsi Udang dan Vitamin C Bersamaan Bisa Menyebabkan Kematian?

Serat yang ada dalam srikaya sangat baik dan membantu dalam menjaga kesehatan pada sistem pencernaan dimana jika seseorang dapat mengkonsumsi serat secara rutin bisa berpotensi terhindar dari berbagai permasalahan pencernaan seperti diare.

Selain itu juga kandungan antioksidan dan karbohidrat kompleks pada buah satu ini, juga bisa membawa manfaat untuk menjaga pertumbuhan kuman baik di dalam usus.

2. Meningkatkan sistem imun tubuh

Kandungan antioksidan yang berupa polifenol ditambah dengan vitamin C bisa meningkatkan manfaat buah srikaya untuk menjaga imunitas tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: