Moms, Berikut 5 Tips Merawat Tanaman Hias di Musim Hujan

Moms, Berikut 5 Tips Merawat Tanaman Hias di Musim Hujan

Tips jitu merawat tanaman hias saat musim hujan.-foto sumeks.co-

SUMEKS.CO  - Bulan November mulai masuk musim penghujan.  Kaum Ibu-ibu, paham betul, jika musim hujan kerap dianggap sebagai waktu yang kurang bersahabat untuk urusan menanam atau merawat tanaman hias di rumah.

Air hujan sejatinya jadi semacam vitamin bagi pertumbuhan tanaman hias. Namun hati-hati moms, hal sebaliknya bisa terjadi.


Musim hujan cenderung bikin susah kaum moms yang punya banyak tanaman hias di rumah.-foto sumeks.co-

BACA JUGA:4 Rekomendasi Tanaman Hias Bikin Udara Ruang Kerja Lebih Segar

Bikin tanaman hias kesayangan di rumah rusak dan mati jika terus menerus terkena air hujan. Namun gak usah cemas ya, Moms. Coba simak tips ini agar tanaman hias tetap tumbuh subur yang dirangkum dari berbagai sumber:

Berikut 5 tips merawat tanaman hias saat musim penghujan agar tetap tumbuh yang dirangkum SUMEKS.CO dari berbagai sumber :

1. Kurangi Penyiraman

Kita tahu bahwa hal yang berlebihan tidak baik. Well, ini juga berlaku kepada tanaman hias. Melakukan penyiraman secara berlebihan dapat memengaruhi kesuburan tanah dan mungkin membuat tanaman hias tidak bertahan lama. 

Memberikan air terlalu banyak, terutama di musim hujan, membuat akar tanaman cepat membusuk dan akhirnya menyebabkan kematian.

Curah hujan yang tinggi membuat debit air yang diberikan pada tanaman outdoor menjadi lebih banyak dari biasanya. Air hujan juga dapat menyebabkan menghilangkan nutrisi tanah karena terhanyut dari tanah.

BACA JUGA:Tak Perlu Keluar Rumah, Ini 5 Rekomendasi Desain Teras Depan yang Bisa Dijadikan Cafe Nongkrong Kekinian

Namun sebaiknya, Sebelum memutuskan menyiram tanaman luar ruangan, pastikan untuk memeriksa kondisi tanahnya. Lakukan penyiraman hanya ketika daun dan tanah mulai mengering. Sebab penyiraman yang berlebihan juga dapat menyebabkan tanaman cepat mati.

2. Cek Drainase Pot

Jika melihat air tergenang di dalam pot, cek lagi sistem drainasenya. Jika bagian bawah pot tidak dilengkapi dengan lubang, maka harus dicek dan membuang air secara teratur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: