Benarkah Sering Minum Teh Bikin Gigi Jadi Kuning? Cek Faktanya Disini

Benarkah Sering Minum Teh Bikin Gigi Jadi Kuning? Cek Faktanya Disini

Ilustrasi--dok : sumeks.co

SUMEKS.COTeh merupakan salah satu minuman herbal yang memiliki kandungan dan nutrisi baik sehingga dapat menyehatkan tubuh serta banyak disukai orang.

Namun banyak kabar beredar yang menyebut bahwa jika seseorang sering minum teh akan menyebabkan perubahan warna pada gigi menjadi lebih kuning.

Teh adalah minuman sejak ratusan tahun lalu di Indonesia, bahkan sudah menjadi minuman umum dengan khasiat kesehatannya yang banyak dipercaya masyarakat.

Banyak yang mengatakan lapisan terluar dari gigi bisa berubah dan berpengaruh jika terus menerus mengkonsumsi teh. Menyebabkan gigi menjadi kusam atau berwarna kekuningan.

BACA JUGA:Amankah Mengkonsumsi Teh Bagi Wanita yang Sedang Haid? Cek Faktanya Disini

Faktanya gigi memang bisa berubah menjadi lebih gelap dan kekuningan terutama jika terlalu sering mengkonsumsi teh hitam.

Ini dikarenakan teh mengandung zat kromogen atau tannin yang bisa mempengaruhi dan lebih agresif dalam mengubah pigmen pada gigi.

Semakin gelap dan pekat warna teh maka akan semakin besar kemungkinan membuat gigi kuning. Noda karena tanin adalah senyawa kimia yang termasuk dalam kelompok senyawa yang lebih besar yakni polifenol.

Nah kemungkinan perubahan warna pada gigi ini disebabkan oleh adanya penumpukkan zat tanin di permukaan gigi. Dimana tanin akan terikat ke hidroksiapatit yang merupakan komponen mineral gigi.

BACA JUGA:Cuma Pakai Tiga Bahan Ini, Plak Gigi Dijamin Hilang Bersih Seperti Scaling

Kemudian dari sini akan membentuk noda pada permukaan gigi yang akan dipermudah dengan adanya protein dan air liur.

Namun kendati demikian jika tidak ingin warna atau pigmen gigi berubah lantaran sering minum teh baiknya melakukan beberapa tips ini untuk mencegahnya.

Hal pertama adalah dengan menghindrai mengonsumsi teh secara berlebihan agar tidak menimbulkan perubahan warna pada gigi. 

Sering mengkonsumsi bisa menyebabkan gigi kuning oleh karena itu batasi jumlah konsumsinya dalam sehari untuk mencegah terjadinya perubahan warna. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: