4 Cara Mudah Membuat Tanaman Hias Rajin Berbunga, Pecinta Tanaman Wajib Tahu

  4 Cara Mudah Membuat Tanaman Hias Rajin Berbunga, Pecinta Tanaman Wajib Tahu

Ilustrasi--dok : sumeks.co

BACA JUGA:4 Tips Merawat Tanaman Hias Indoor Agar Tumbuh Subur

Semua tanaman hias secara alami membutuhkan air untuk hidup dan tumbuh. Namun, perlu diingat bahwa setiap tanaman hias membutuhkan penyiraman dengan frekuensi dan kadar air yang berbeda-beda pula.

Bila terdapat 2 tanaman hias yang sama, tapi satu ditanam di dalam pot, sedangkan yang lain ditanam langsung di tanah, maka kebutuhan air dan frekuensi penyiramannya berbeda.

Tanaman yang ditanam dalam pot akan membutuhkan frekuensi penyiraman yang lebih sering dibandingkan bila tumbuh langsung di tanah. Namun, kuantitas atau kadar air yang diberikan justru lebih sedikit.

Penyiraman secara teratur, tidak berarti harus menyiram tanaman sebanyak 2 hari sekali atau sehari sekali. Acuan dalam penyiraman teratur, yaitu upaya agar kondisi tanah tetap lembap, tetapi tidak terlalu basah.

BACA JUGA:Selain Indah, Berikut 5 Rekomendasi Tanaman Hias yang Bunganya Mengeluarkan Aroma Wangi Semerbak

Untuk mengetahui waktu penyiraman tanaman yang tepat dapat lakukan dengan melihat tingkat kelembapan media tanam dengan cara memasukkan jari tangan pada media tanam, lalu rasakan tekstur tanah. Bila tanah terasa kering, maka harus segera diberi air.

3. Pemupukan

Tips membuat tanaman hias rajin berbunga lainnya yaitu dengan melakukan pemupukan secara rutin. Sebaiknya berikan pupuk yang mengandung unsur hara makro dan mikro. 

Jenis pupuk yang dibutuhkan tanaman untuk memicu pembungaan yaitu pupuk yang mengandung fosfor dan kalium. 

BACA JUGA:Yuk Kenali 4 Jenis Media Tanam yang Cocok untuk Tanaman Hias, Jangan Salah Aplikasi!

Pada saat masih muda, sebaiknya tanaman hias diberikan pupuk dengan kandungan nitrogen (N), fosfat (P), dan kalium (K) seimbang.

Namun, setelah dewasa dan memasuki waktu berbunga, sebaiknya tanaman hias diberikan pupuk dengan kandungan P dan K yang tinggi untuk merangsang terbentuknya bunga.

4. Pemangkasan

Pada tanaman hias bunga, pemangkasan dilakukan untuk dua tujuan, yaitu pembentukan tajuk dan pembungaan. Dengan pemangkasan yang teratur, diharapkan bentuk tajuk menjadi lebih kompak dan dapat dibentuk sesuai selera.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: