Yuk Kenali 4 Jenis Media Tanam yang Cocok untuk Tanaman Hias, Jangan Salah Aplikasi!

Yuk Kenali 4 Jenis Media Tanam yang Cocok untuk Tanaman Hias, Jangan Salah Aplikasi!

Ilustrasi--dok : sumeks.co

SUMEKS.CO - Kegiatan bertanam menjadi salah satu cara mengusir kebosanan di rumah. Yakni dengan menanam seperti tanaman hias untuk mempercantik dekorasi rumah.

Salah satu tehnik bertanam agar tanaman menjadi subur yakni dengan mengenali dan pahami jenis tanah yang cocok untuk tanaman hias.

Salah membeli jenis tanah dapat membuat tanaman tidak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Satu dari sekian  syarat agar tanaman hias tumbuh dengan baik dan sehat adalah ditanam di media tanam yang tepat.

BACA JUGA:Rekomendasi 4 Tanaman Hias yang Bisa Mengusir Nyamuk Bandel di Rumah

Penggunaan media tanam yang tepat memungkinkan tanaman memperoleh kebutuhan nutrisi yang cukup. Dengan demikian, tanaman hias dapat tumbuh dengan baik dan berkembang, sehingga semakin dapat mempercantik pekarangan dan lingkungan rumah.

Tanah atau media tanam yang cocok untuk tanaman hias adalah tanah yang subur. Kesuburan tanah dinilai berdasarkan kandungan nutrisi dan mineral di dalamnya.

Nutrisi dan mineral pada tanah mempengaruhi daya serap air dan penyerapan unsur hara untuk pertumbuhan tanaman.

Media tanam yang baik banyak mengandung mikro organisme yang berguna untuk menguraikan berbagai unsur-unsur yang ada pada media tanam, sehingga media tanam dapat diserap oleh bagian akar.

BACA JUGA:5 Tanaman Hias yang Cocok untuk Mempercantik Rumah Konsep Minimalis

Berikut 4 pilihan media tanam untuk tanaman hias yang dapat digunakan untuk koleksi tanaman di rumah dirangkum SUMEKS.CO dari berbagai sumber :

1. Humus

Humus merupakan tanah yang paling subur untuk tanaman, termasuk tanaman hias, karena memiliki komposisi yang mirip dengan pupuk kompos.  

Sebab, humus merupakan tanah yang terbentuk dari pelapukan-pelapukan dedaunan dan batang pohon, serta ada percampuran dari kotoran hewan yang terbuat secara alami maupun manipulasi.

BACA JUGA:Selain Indah, Berikut 5 Rekomendasi Tanaman Hias yang Bunganya Mengeluarkan Aroma Wangi Semerbak

Media tanam humus biasanya berwarna gelap yakni coklat kehitaman dan memiliki tekstur lembut dan gembur yang di dalamnya banyak mengandung zat-zat seperti fenol, asam karboksilat, hidroksida serta alifatik.

Dengan banyak zat tersebut, humus akan sangat cocok jika dijadikan sebagai media tanam, khususnya media tanam untuk tanaman pot.

2. Pupuk Kandang

Pupuk kandang yang banyak digunakan untuk tanaman pot adalah pupuk kandang yang berasal dari kotoran kambing. Namun, kebanyakan petani yang menggunakan media tanam tersebut akan menunggu kotoran hingga kering. Sebab, media tanam pupuk kandang mengandung unsur nitrogen tinggi.

BACA JUGA: Simak Rekomendasi 5 Jenis Tanaman Hias yang Cocok Ditempatkan di Kamar Tidur

Apabila langsung digunakan sangat berisiko membuat tanaman menjadi kering. Pupuk kandang yang sudah kering atau matang biasanya berwarna coklat dengan tekstur yang sangat keras.

Biasanya media tanam pupuk kandang yang akan digunakan sebanyak 20 persen pada pot, sangat berguna untuk menumbuhkan daun dan percabangan.

3. Sekam Hitam

Sekam merupakan limbah padi yang telah banyak digunakan oleh petani tanaman hias sebagai media tanam. Sekam hitam merupakan salah satu media tanam yang sangat cocok untuk berbagai jenis tanaman hias maupun bibit bunga.

BACA JUGA:Simak 5 Manfaat Tersembunyi Tanaman Hias yang Mungkin Belum Banyak Diketahui

Sekam hitam dapat berfungsi untuk memperbaiki struktur fisik, kimia dan biologi di dalam tanah yang sebagiannya mengenal dengan sebutan arang sekam.

Media tanam ini mampu memiliki dan meningkatkan porositas tanah sehingga tanah menjadi gembur dan mampu menyerap nutrisi dengan baik. Karena sekam bakar memiliki pourositas tinggi, maka cocok digunakan sebagai media tanam tanaman bunga dan tanaman hias daun.

4. Cocopeat

Cocopeat sering disebut sebagai limbah kelapa, karena media tanam ini berasal dari industri yang kemudian masuk dalam proses pencucian, pemanasan, penyaringan lalu pemeriksaan teliti.

BACA JUGA:Rekomendasi 5 Tanaman Hias Penyerap Alami Kelembaban di Rumah

Sebelum diproses menjadi media tanam, cocopeat akan dibagi ke dalam berbagai tingkat butiran dan kepadatan kemudian masuk dalam tahap pengemasan.

Pada umumnya media tanam ini dikemas dalam bentuk kemasan plastik, karungan, atau sudah tercampur dengan media tanam lain.

Namun, seringkali juga dibuat lempengan papan atau lempengan cakram. Penggunaan cocopeat sebagai media tanam biasanya harus dicampurkan dengan beberapa media tanam lain.

BACA JUGA:Simak 5 Tips Menyiram Tanaman Hias yang Tepat agar Tumbuh Subur

Itulah jenis media tanah yang cocok untuk tanaman hias yang bisa dibeli. Pilihlah tanah yang sesuai dengan tanaman hias yang dimiliki di rumah (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: