Simak 5 Manfaat Tersembunyi Tanaman Hias yang Mungkin Belum Banyak Diketahui

Simak 5 Manfaat Tersembunyi  Tanaman Hias yang Mungkin Belum Banyak Diketahui

--dok : sumeks.co

SUMEKS.CO - Tren tanaman hias memang tidak ada matinya karena dari tahun ke tahun selalu berkembang. 

Ternyata tanaman hias tidak hanya sedap dipandang, melainkan juga memiliki segudang manfaat. Mulai dari manfaat untuk kesehatan, lingkungan, sampai pada pekerjaan. 

Menaruh tanaman hias di meja belajar atau ruang kerja mampu meningkatkan kreativitas dan konsentrasi. 

Ya, manfaat tanaman hias  tidak hanya sebagai dekorasi yang mempercantik ruangan, nyatanya tanaman hias juga memiliki sejuta manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh dan lingkungan. 

BACA JUGA: Simak Rekomendasi 5 Jenis Tanaman Hias yang Cocok Ditempatkan di Kamar Tidur

Banyak penelitian telah membuktikan, manfaat tanaman hias bagi kesehatan mulai dari membantu meningkatkan kadar oksigen di sekitar, hingga mengurangi racun dan mencegah penyebaran penyakit melalui udara.

Selain untuk kesehatan tubuh secara fisik, nyatanya manfaat tanaman hias juga baik untuk kesehatan mental. Mempercantik rumah dan meningkatkan kualitas hidup, tentu menjadi salah satu hal yang menyenangkan dan menguntungkan untuk dilakukan.

Manfaat budidaya tanaman hias juga bisa mendatangkan manfaat ekonomi khususnya bagi mereka yang jeli menangkap peluang. 

Seperti penjaja tanaman hias monstera yang sedang hits dalam beberapa waktu lalu dan harganya menembus jutaan rupiah. Bukan tidak mungkin bila penjual tanaman hias, mulanya merupakan orang yang hobi berkebun.

BACA JUGA:10 Tips Merawat Tanaman Hias Agar Tetap Subur dan Segar di Musim Kemarau, Begini Caranya!

Berikut ini manfaat tersembunyi tanaman hias dirangkum SUMEKS.CO dari berbagai sumber :

1. Meningkatkan Oksigen

Manfaat tanaman hias yang pertama adalah meningkatkan oksigen. Berbeda dengan mekanisme pernapasan manusia, selama fotosintesis, tanaman menyerap karbon dioksida dan melepaskan oksigen ke lingkungan. Dengan demikian, produk yang dikeluarkan tanaman ini dapat bermanfaat untuk meningkatkan kadar oksigen yang dibutuhkan manusia.

Namun, ketika fotosintesis berhenti pada malam hari, sebagian besar tumbuhan akan kembali menyerap oksigen dan melepaskan karbon dioksida, kecuali beberapa tumbuhan, seperti anggrek, sukulen, dan bromeliad epifit. Jadi, gunakan tanaman ini di kamar tidur agar oksigen tetap mengalir di malam hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: