Pertama Kalinya dalam Sejarah, Jokowi Resmikan Tol Indralaya-Prabumulih di Titik Nol Indralaya Ogan Ilir

Pertama Kalinya dalam Sejarah, Jokowi Resmikan Tol Indralaya-Prabumulih di Titik Nol Indralaya Ogan Ilir

Jalan Tol Indralaya-Prabumulih secara resmi telah diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, pada Kamis, 26 Oktober 2023.--

OGAN ILIR, SUMEKS.CO - Jalan Tol Indralaya-Prabumulih secara resmi telah diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, pada Kamis, 26 Oktober 2023.

Jalan Tol Indralaya-Prabumulih ini merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN), yakni, Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) garapan PT Hutama Karya (Persero).

Untuk pertama kalinya, peresmian ruas tol ini bukan dilakukan di Gerbang Tol melainkan di Titik Nol Jalan Tol. Dimana, peresmian Jalan Tol Indralaya-Prabumulih dipusatkan di Titik Nol wilayah Indralaya, Ogan Ilir. 

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi mengatakan, bahwa tol ini merupakan bagian dari 2.800 kilometer jalan tol di Sumatera yang sedang dibangun oleh pemerintah.

BACA JUGA:WADUH! Wanita di Palembang Tertipu Polisi Gadungan, Janji Akan Dinikahi Sudah Transfer Uang Rp158 Juta

"Dimana akan meningkatkan kecepatan mobilitas barang dan jasa, sehingga daya saing menjadi semakin baik," ucapnya. 

Jokowi juga menekankan betapa pentingnya peningkatan infrastruktur yang akan terus dilanjutkan oleh pemerintah, agar dapat bersaing dengan negara-negara lain.

"Yang mana pembangunannya dapat melalui APBN, BUMN, hingga swasta," lanjutnya. 

Tol Indralaya-Prabumulih sepanjang 64,5 kilometer ini telah selesai dan segera dioperasikan. Jalan tol ini sudah dibangun sejak 2019 dengan medan yang tidak mudah, utamanya di Sumatera Selatan dengan biaya investasi Rp 12,5 Triliun. 

BACA JUGA:Jokowi Bagi-Bagi Kaos untuk Pedagang dan Warga Sekitar Pasar Sekip Ujung Palembang

"Investasi memang besar, tetapi manfaat bagi negara dan rakyat akan sangat luar biasa kalau kita bisa menaikkan produktivitas," sebutnya. 

Menurut Jokowi, dengan menyambungkan jalan tol ke kawasan pertanian, pariwisata, perkebunan, industri, maka manfaatnya akan sangat besar sekali.

Dalam peresmian ini, Presiden Jokowi didampingi oleh Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni, Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar, Pj Walikota Prabumulih Elman, dan Direktur Utama Hutama Karya, Budi Harto.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Tjahjo Purnomo mengatakan, jalan tol ini telah menerima Sertifikat Laik Operasi (SLO) dari Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR pada bulan Juli lalu, dan beroperasi tanpa tarif sejak tanggal 30 Agustus 2023. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: