Pak Bhabin Idaman Masyarakat, Ujung Tombak Polri Ciptakan Kamtibmas hingga Cegah Karhutla ke Pelosok Desa

Pak Bhabin Idaman Masyarakat, Ujung Tombak Polri Ciptakan Kamtibmas hingga Cegah Karhutla ke Pelosok Desa

Personel Bhabinkamtibmas merupakan salah satu garda terdepan personel Polri yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Foto: dokumen/sumeks.co --

BACA JUGA:Polres Prabumulih Musnahkan Puluhan Botol Miras yang Diamankan Selama Ramadan

Beragam program rutin dijalankan mulai dari program Jumat Curhat, Polisi ngantor ke Kelurahan dan Desa, Bhayangkara Bersinar, Patroli jalan kaki, patroli KRYD (kegiatan rutin yang ditingkatkan), Binrohtal (pembinaan rohani dan mental), polisi sahabat anak, polri peduli bantuan air bersih, Mitigasi antisipasi kebakaran hutan dan lahan dan beragam program unggulan lainnya.

Tak ayal, selain sukses menjaga Kamtibmas yang kondusif di masyarakat, kejadian Karhutla di Kota Prabumulih juga bisa dibilang masih terkendali. Hal itu, tak lepas dari sinergitas peran serta pemerintahan, masyarakat dan aparat kepolisian yang sigap dan terdepan. "Kita juga mengimbau masyarakat untuk selalu menjaga ketertiban Kamtibmas," ajaknya.

Selain itu, per 1 Juni 2023 pihaknya dibantu Pemerintah Kota Prabumulih juga telah meningkatkan layanan masyarakat di Pasar Tradisional Modern (PTM) Prabumulih. "Di sana ada layanan perpanjangan SKCK dan beragam pelayanan lainnya," sebutnya berharap selalu ada peningkatan layanan untuk masyarakat.

Lebih lanjut, pria kelahiran Magelang, Jawa Tengah, 27 April 1980 itu juga menyebutkan di setiap kelurahan/desa, ada Bhabinkamtibmas yang selalu siap membantu masyarakat. Tidak hanya memberikan penyuluhan atau imbauan, tetapi membantu masyarakat menyelesaikan masalahnya termasuk melakukan pemecahan masalah.

BACA JUGA:Mengenal Bripda Muhammad Alfan, Polisi Penghafal Alquran dari Polres Prabumulih Polda Sumsel

Alumni Akpol 2002 itu menyebutkan, pihaknya juga menyiagakan puluhan personel yang ditugaskan untuk antisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di kota nanas. "Terdiri dari personel Polres dan Bhabinkamtibmas standby memantau jika terjadi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla)," ujarnya.

Suami Dewi Pristiana S.Sos MH itu mengatakan, personel tersebut selain akan melakukan upaya penanggulangan dibantu oleh jajaran terkait juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar tidak melakukan pembakaran lahan. 

"Karena akan terpantau jika melakukan pembakaran, saat ini upaya kita terus melakukan sosialisasi, tentu jika nanti masih ada yang melanggar setelah diingatkan akan ditindak tegas," katanya.

Kapolres pun mengimbau kepada seluruh masyarakat kota Prabumulih untuk tidak membakar lahan dan berkoordinasi dengan pemerintah setempat serta petugas kepolisian untuk membuka lahan. 

BACA JUGA:PPA Polres Prabumulih Tangani Kasus Oknum Guru SMP yang Diduga Aniaya Murid

"Kami berharap masyarakat untuk tidak membakar hutan maupun lahan, silahkan berkoordinasi dengan kades, bhabinkamtibmas, Babinsa dan instansi terkait di pemerintah sehingga tidak menyalahi," tuturnya.

Polres Prabumulih juga terus melakukan upaya preemtif dan preventif untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan dan turun bersama memadamkan api.

Dalam kesempatan itu pula, pria yang pernah bertugas sebagai Kapolres Muko-Muko Bengkulu itu menyebutkan, jika masyarakat membutuhkan layanan Polisi maka bisa menghubungi call center Polri 110, Polda Sumsel 081370002110, dan Polres Prabumulih 08117387110. "Semuanya aktif 24 jam bisa dihubungi,” jelasnya.

Berdasarkan Data Polres Prabumulih bulan Agustus 2023 nomor B/559/VIII/OPS.4.5/2023 perihal data Bhabinkamtibmas T.A 2023 terdapat 46 Bhabinkamtibmas yang disebar di Kelurahan dan Desa Prabumulih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: