Pak Bhabin Idaman Masyarakat, Ujung Tombak Polri Ciptakan Kamtibmas hingga Cegah Karhutla ke Pelosok Desa

Pak Bhabin Idaman Masyarakat, Ujung Tombak Polri Ciptakan Kamtibmas hingga Cegah Karhutla ke Pelosok Desa

Personel Bhabinkamtibmas merupakan salah satu garda terdepan personel Polri yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Foto: dokumen/sumeks.co --

PRABUMULIH, SUMEKS.CO - Personel Bhabinkamtibmas (Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat) merupakan salah satu garda terdepan personel Polri yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. 

Seiring berjalannya waktu, Polri terus melakukan perbaikan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Hadir di tengah masyarakat, menemani bahkan menjadi tempat bercerita itulah salah-satu tugas Bhabinkamtibmas di bawah naungan Polres Prabumulih. Bahkan, hubungan baik antara warga dan polisi ini seperti Ibu dan anak yang saling mengasihi. 

Tugas dan fungsi Bhabinkamtibmas tertuang pada pasal 1 ayat 4 mengenai peraturan kepala kepolisian Negara Republik Indonesia nomor 3 tahun 2015, tentang pemolisian masyarakat, bhabinkamtibmas adalah pengemban Polmas yang ada di desa atau kelurahan.

BACA JUGA:Peduli Desa Binaan, Babinsa-Bhabinkamtibmas Semende Bangun Parit

Di bawah kepemimpinan Kapolres Prabumulih AKBP Witdiardi SIk MH, kehadiran Bhabinkamtibmas tak hanya memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakatnya. 

Di situasi kekeringan dan wabah el-nino yang mengancam saat ini, Bhabinkamtibmas juga mengemban amanah dari Kepala Kepolisian untuk melakukan sosialisasi dan pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Prabumulih. Dari perkotaan hingga pelosok desa sesuai wilayah tugas masing-masing.

Salah-satunya, Bripka Elyas Pikal SH MSi, Bhabinkamtibmas di Kelurahan Karang Raja, Kecamatan Prabumulih Timur, Kota Prabumulih mempunyai cara tersendiri untuk menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di wilayah binaannya. 

Hampir 13 tahun menjadi Bhabinkamtibmas di Kelurahan Karang Raja dan sudah 9 kali menyaksikan pergantian Lurah Karang Raja, membuat Bripka Elyas juga dikenal banyak orang. 

BACA JUGA:Puluhan Rumah di Kayuagung OKI Disapu Angin Puting Beliung, Babinsa-Bhabinkamtibmas Langsung Bergerak

"Alhamdulillah, mulai dari anak-anak sampai nenek nenek hampir semuanya kenal, karena kita juga welcome dengan masyarakat dan standbye siang-malam," sebutnya tersipu, saat dibincangi sumatera ekspres, Minggu (22/10).

Dalam menciptakan keamanan di kelurahannya, dia juga berinovasi dengan membentuk kantor khusus di Kelurahan Karang Raja. Rasanya, baru Bhabinkamtibmas Kelurahan Karang Raja yang mempunyai kantor alias ruang khusus di wilayahnya.

Selain itu, dirinya juga berinovasi dengan membentuk FKPM yang berarti Forum Kemitraan Polisi Masyarakat sejak tahun 2015 lalu yang ada di Perumahan Arda. 

Berkat inovasi nya itu pula, dia pernah mendapatkan penghargaan dari Kapolda Sumsel sebagai Bhabinkamtibmas terbaik yang berhasil membentuk FKPM. Sampai saat ini FKPM Kelurahan Karang Raja masih jalan. Saking solid nya masyarakat, Poskamlingnya juga aktif di 7 RW yang ada di kelurahan Karang Raja. "1 RW 1 Poskamling," lanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: