Pak Bhabin Idaman Masyarakat, Ujung Tombak Polri Ciptakan Kamtibmas hingga Cegah Karhutla ke Pelosok Desa

Pak Bhabin Idaman Masyarakat, Ujung Tombak Polri Ciptakan Kamtibmas hingga Cegah Karhutla ke Pelosok Desa

Personel Bhabinkamtibmas merupakan salah satu garda terdepan personel Polri yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Foto: dokumen/sumeks.co --

BACA JUGA:Ajak Insan Pers Lestarikan Lingkungan, Kapolres Prabumulih Bagikan 1.000 Batang Bibit Buah dan Sayur

Mulai dari pangkat Aiptu hingga pangkat Bripda menjabat Bhabinkamtibmas, pria murah senyum itu mengaku kerap menerima "curhatan" dari masyarakatnya. Mulai permasalahan ekonomi, keluarga dan lingkungan. Bahkan salah-satu yang menjadi tranding topik saat ini, yaitu permasalahan karhutla, kekeringan dan kabut asap yang kerap dikeluhkan masyarakat saat ini. 

Tak tinggal diam, berdasarkan arahan dari Kapolres Prabumulih, seluruh Bhabinkamtibmas termasuk dirinya selalu turun untuk sosialisasi Karhutla, sampaikan himbauan larangan membuka lahan dengan cara dibakar. "Kita juga turun memberikan bantuan air bersih untuk masyarakat yang kekeringan," sebutnya.

Tak ketinggalan, untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat, dia pun selalu menjadi garda terdepan perwakilan Polres Prabumulih membantu memadamkan api Karhutla. Betapa tidak, dalam kondisi kekeringan saat ini, di Kelurahan Karang Raja, terdapat dua kali kebakaran lahan. "Alhamdulillah titik api nya tidak terlalu besar dan cepat dipadamkan," terangnya.

Menurutnya, warga binaan Kelurahan Karang Raja sudah dianggapnya keluarga sendiri dan tidak ada jarak. "Seperti Ibu dan anak," ujarnya tersenyum.

BACA JUGA:Tes Sirkuit Baru, Permohonan SIM C di Polres Prabumulih Meningkat 10 Persen

Ditambahkan Aipda Julianto, Bhabinkamtibmas Kelurahan Muara Dua Barat, Kecamatan Prabumulih Timur, Kota Prabumulih, merasakan kedekatan dengan masyarakat. "Bhabinkamtibmas adalah sahabat masyarakat," ujarnya dibincangi Minggu (22/10).

Pertama kali bertugas sebagai Bhabinkamtibmas di Kelurahan pemekaran baru pada Juni 2023 lalu, banyak pengalaman berkesan yang dihadapi. Terutama, bisa bersilaturahmi dengan masyarakat. "Program bapak Kapolres Prabumulih masih terus dilaksanakan yaitu program polisi ngantor di desa/kelurahan," jelasnya.

Dia juga rutin melaksanakan kegiatan Bhabinkamtibmas yakni door to door system, Patroli dialogis, sambang Kamtibmas, himbauan kamtibmas dan problem solving.

Tak kalah penting saat ini, Bhabinkamtibmas fokus melaksanakan pencegahan dan mitigasi Karhutlah dengan melaksanakan himbauan kepada warga untuk tidak membuka lahan dan kebun dengan cara di bakar. 

BACA JUGA:Polres Prabumulih Raih Juara Link Terbanyak Medsos dan Keaktifan Pembuatan Konten Kreatif

Bersama 3 pilar terdiri dari Lurah, Bhabinkamtibmas dan Babinsa pihaknya tak henti mengedukasi masyarakat melalui video himbauan larangan pembakaran hutan, lahan dan kebun.

"Untuk itu, setiap hari kami keliling melaksanakan imbauan dan sosialisasi," sebutnya mengaku dalam pelaksanaannya Bhabinkamtibmas merupakan ujung tombak polri yang memang harus selalu bersentuhan dengan masyarakat melalui kegiatan penyuluhan, pembinaan kepada masyarakat dengan tujuan menjaga situasi di desa maupun kelurahan agar tetap aman kondusif.

Kapolres Prabumulih, AKBP Witdiardi SIk MH terbilang sukses menjaga situasi Kamtibmas kota Prabumulih. Bahkan, dirinya tak pernah lelah berinovasi dan ikut turun langsung ke masyarakat baik untuk memberikan bantuan hingga sekedar mendengarkan curahan hati (Curhat) para tukang ojek pengkolan dan masyarakat pedesaan. 

Baginya, Polri tidak bisa bekerja sendiri dan membutuhkan bantuan semua pihak dalam mewujudkan Keamanan dan Ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: