Magister Pendidikan Fisika Unsri Selenggarakan Pelatihan Pembuatan Media Augmented Reality

Magister Pendidikan Fisika Unsri Selenggarakan Pelatihan Pembuatan Media Augmented Reality

Magister Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sriwijaya (UNSRI) berkontribusi dengan melaksanakan pelatihan pada guru-guru IPA SMP, Kabupaten Ogan Ilir, Provinsi Sumatera Selatan.--

INDRALAYA, SUMEKS.CO – Magister Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sriwijaya (UNSRI) berkontribusi dengan melaksanakan pelatihan pada guru-guru IPA SMP, Kabupaten Ogan Ilir, Provinsi Sumatera Selatan.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 26-27 September 2023 di MGMP IPA SMP Kabupaten Ogan Ilir. Sebanyak 18 guru sangat tertarik mengikuti pelatihan media augmented reality untuk proses pembelajaran.

Hal ini dikarena sangat interaktif dalam proses pembelajaran dan memvisualisasikan materi sehingga siswa akan mudah memahami materi.

Selain itu berdasarkan analisis situasi bahwa guru-guru IPA SMP Kabupaten Ogen Ilir masih memiliki pengetahuan, keterampilan dan keahlian yang rendah dalam penggunaan dan pengembangan media Augmented Reality.

BACA JUGA:Kalapas Sekayu Mengikuti Kegiatan Pelatihan Refleksi dan Aktualisasi Integritas

Maka dari itu dilaksanakanlah pelatihan media Augmented Reality menggunakan smartphone android untuk proses pembelajaran IPA

“Ini merupakan bagian dari Tridarma Perguruan Tinggi dan Program Studi Magister Pendidikan Fisika, FKIP UNSRI untuk memberikan alternatif solusi pembuatan media pembelajaran yang sejalan  dengan kemajuan teknologi sekarang” ujar Dr. Leni Marlina, S.Pd., M.Si, Ketua Tim Pengabdian Pada Masyarakat (PPM).


--

Menurut Leni, Guru harus memiliki kompetensi dalam pembuatan media pembelajaran untuk menerapkan pembelajaran yang lebih inovatif bagi peserta didik.

Guru harus dapat belajar hal baru sehingga dapat memanfaatkannya dengan baik dalam proses pembelajaran. Siswa seringkali kesulitan memahami materi IPA  jika hanya melalui gambar 2D.

Begitu pula para guru, yang seringkali harus menjelaskan suatu konsep yang rumit tanpa media dan alat peraga yang memadai. 

“Untuk menyelesaikan masalah ini, tim pengabdian dari Magister Pendidikan Fisika, FKIP UNSRI bekerjasama dengan MGMP IPA mengadakan Pendampingan Pembuatan Media Augmented Reality Sebagai Inovasi Bahan Ajar Bagi Guru-Guru IPA SMP di Kabupaten Ogan Ilir melalui kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM),” jelasnya.

Pengabdian Pada Masyarakat Magister Pendidikan Fisika FKIP UNSRI yang diselenggarakan di SMPN 1 Indralaya ini dihadiri oleh 18 peserta yang berasal dari  berbagai SMP di Kabupaten  Ogan Ilir Sumatera Selatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: