Membantu Masyarakat Berpenghasilan Menengah Ke Bawah, Pemkab Muara Enim Terus Gulirkan Gerakan Pangan Murah

Membantu Masyarakat Berpenghasilan Menengah Ke Bawah, Pemkab Muara Enim Terus Gulirkan Gerakan Pangan Murah

GPM : Pj Bupati Muara Enim H Ahmad Rizali dan Pj Ketua TP PKK Kabupaten Muara Enim Hj Rose Mafiana mengadiri pasar murah di Kecamatan Lawang Kidul.--

MUARA ENIM, SUMEKS.CO - Menindaklajuti arahan dari Menteri Dalam Negeri dan Kepala Badan Pangan Nasional pada acara Gerakan Pangan Murah (GPM) Serentak Seluruh Indonesia yang dipusatkan di Jakarta beberapa hari lalu.

Dalam peringatan Hari Pangan Sedunia serta Instruksi Gubernur Sumatera Selatan untuk menggelar pasar murah tiap daerah masing-masing sebagai tindaklanjut dalam menyikapi tingginya harga beras disejumlah pasar tradisional yang tak kunjung stabil.

Pemkab Muara Enim melalui Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Muara Enim terus menggulirkan GPM tersebut diberbagai titik strategis seperti hari ini di Kecamatan Lawang Kidul tepatnya di Kelurahan Pasar Tanjung Enim yang dihadiri langsung oleh Pj Bupati Muara Enim H Ahmad Rizali dan Pj Ketua TP PKK Kabupaten Muara Enim Hj Rose Mafiana, Rabu 18 Oktober 2023.

Turut hadir dalam GPM ini diantarannya Kepala Perangkat Daerah lingkup Pemkab Muara Enim, Camat Lawang Kidul beserta Perangkat, Lurah/ Kades Ketua RT/RW, LPMK, BPD, Toko Masyarakat, Toko Adat, perwakilan PTBA, dan masyarakat setempat.

BACA JUGA:Ajak Insan Pers Lestarikan Lingkungan, Kapolres Prabumulih Bagikan 1.000 Batang Bibit Buah dan Sayur

Pj Bupati mengatakan, gejolak harga pangan saat ini terutama beras masih mengalami kenaikan sehingga masyarakat merasa kesulitan dalam memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari.

Menyikapi hal tersebut, lanjutnya, Pemkab Muara Enim dalam hal ini Dinas Ketahanan Pangan didukung Dinas Instansi terkait akan terus berupaya untuk membantu kebutuhan masyarakat antara lain dengan melaksanakan GPM dibeberapa kecamatan seperti diantaranya di Kecamatan Muara Enim, Ujan Mas, Benakat, Tanjung Agung dan direncanakan dalam waktu dekat akan diadakan di Kecamatan Gelumbang.

“Saya berharap dengan dilaksanakannya GPM ini dapat membantu masyarakat terutama yang berpenghasilan menengah kebawah agar mampu menikmati pangan serta menjaga stabilitas harga dalam mengendalikan inflasi,” ujar Rizali.

BACA JUGA:Usai Salat Subuh, Jemaah di Masjid dan Mushola di Ogan Ilir Bebas Bawa Pulang Sayuran dan Buahan Gratis

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Muara Enim Syamsiah, mengatakan disamping melakukan GPM, Pemkab Muara Enim bersama Bulog menyalurkan beras SPHP (Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan) kepada RPK (Rumah Pangan Kita) yang tersebar dalam Kabupaten Muara Enim. 

“Khusus untuk masyarakat di Kecamatan Lawang Kidul, Bulog menyediakan beras yang akan dijual sebanyak 5 ton,” ungkap Syamsiah.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: