Jangan Diabaikan, 11 Lampu Indikator Mobil Menyalah: Wajib Diketahui Agar Aman Saat Berkendara

 Jangan Diabaikan, 11 Lampu Indikator Mobil Menyalah: Wajib Diketahui Agar Aman Saat Berkendara

Ilustrasi --dok : sumeks.co

SUMEKS.CO - Lampu indikator pada dashboard mobil menyalah adalah salah satu tanda terdapat masalah di kendaraan. Fitur ini akan menyalah saat mobil sedang dinyalahkan.

Adanya fitur lampu indikator ini pada mobil sangatlah penting, sebab pengemudi dapat mengetahui informasi dari kendaraannya dengan lebih mudah, seperti kerusakan yang terjadi pada salah satu sistem.

Selain itu, lampu indikator juga berfungsi sebagai pengingat, seperti tidak memakai safety belt saat berkendara, maka lampu indikator akan secara otomatis berkedip dan mengeluarkan bunyi.

Berikut 11 lampu indikator yang ada didashboard mobil, jangan diabay jika fitur menyalah.

BACA JUGA:Inilah Mobil Angkot Suzuki dengan Sliding Door dan Dimensi Setara Alphard

Indikator Temperatur

Jika indikator temperatur di mobil menyala, maka itu mengindikasikan bahwa suhu mesin mobil overheating atau terlalu panas, sebaiknya pengendara mengistihatkan mesin dengan cara mematikan mobil dan diamkan hingga lampu indikator temperatur tidak menyalah lagi.

Atau Solusi lain yang dapat dilakukan adalah menghubungi bengkel terdekat untuk segera diperbaiki. Sebelum itu, usahakan untuk mematikan seluruh fitur mobil seperti radio, AC, serta sistem lainnya.

Indikator Tekanan Oli

BACA JUGA:Mobil Murah Pengganti Karimun Wagon R: Desain Minimalis, Harga Hanya Rp98 Jutaan

Salah satu lampu indikator mesin yang harus diperhatikan selanjutnya adalah indikator tekanan oli. Jika bagian ini menyalah, maka mesin mobil pengguna dalam kekurangan oli.

Solusinya pengguna dapat segera tambah oli mesin agar kinerja mobil tetap optimal dan tidak cepat rusak.

Indikator Check Engine

Lampu Indikator chek enggina menyalah itu menandakan ada masalah di bagian dapur pacu, dapat disebabkan beberapa masalah, salah satunya penutup bensin kurang rapat atau ada komponen mesin ada yang rusak. Untuk itu, jika indokator ini menyalah segara kebengkel terdekat dan lakukan service.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: