Sebaiknya Dihindari! Ngopi Setelah Minum Obat Bisa Mengancam Kesehatan Tubuh

 Sebaiknya Dihindari! Ngopi Setelah Minum Obat Bisa Mengancam Kesehatan Tubuh

Ilustrasi--dok : sumeks.co

SUMEKS.CO – Sebagian orang percaya bahwa minum kopi setelah mengkonsumsi obat dapat menghilangkan rasa kantuk dari efek obat karena kandungan kafein dalam kopi.

Tapi tahukah ternyata mengkonsumsi kopi bersama dengan obat itu bisa membahayakan tubuh bahkan akan mempengaruhi efektivitas obat ke tubuh.

Selain itu ada beberapa orang mengatakan ngopi setelah minum obat lantaran untuk menetralisir rasa pahit dari obat. Ini karena pahit yang berlebihan malah akan membuat sebagian orang mual dan bisa membuat obat keluar lagi.

Tapi sebenarnya dasarnya segala jenis obat tidak disarankan dicampur dengan zat lain, ya termasuk kandungan kafein pada kopi.

BACA JUGA:Merokok Sembari Minum Kopi Bisa Sebabkan Kematian? Cek Faktanya Disini

Lantas apakah yang akan terjadi jika keduanya bersatu? Adakah efek negatif dari kebiasaan minum kopi setelah minum obat atau malah aman? Simak penjelasan berikut ini.

Untuk efek samping yang akan terjadi jika mengkonsumsi kopi setelah minum obat adalah reaksi bisa memicu keracunan kafein.

Hal ini kemungkinan terjadi karena kafein dari obat dapat bertahan lebih lama didalam tubuh bahkan kemungkinan akan sangat berbahaya.

Kemudian khasiat obat cenderung akan lebih lama bereaksi bahkan bisa jadi tidak akan manjur karena kandungan kafein bisa mengganggu proses penyerapan obat dalam lambung dan juga usus halus.

BACA JUGA:Orang yang Sering Minum Kopi Berpotensi Jadi Psikopat, Benarkah? Ini Penjelasannya

Efek seperti ini sudah pasti akan terjadi terlebih pada beberapa jenis obat terutama pada golongan antidepresan esterogen dan obat-obatan untuk hipotiroid dan hipertiroid serta osteoporosis.

Bahkan sebuah penelitian oleh Gertz dkk. mendapati hasil bahwa mengonsumsi obat osteoporosis seperti alendronate yang dibarengi dengan minum kopi hitam bisa mengurangi penyerapannya sekitar 60 persen.

Disarankan untuk sebaiknya hindari kebiasan mengkonsumsi keduanya secara bersamaan karena ini bisa jadi senjata makan tuan untuk kesehatan.

Setelah itu juga bisa membuat detak jantung akan meningkat drastis dalam jangka panjang yang sangat jelas buruk dampaknya untuk jantung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: