Meski Dinyatakan Halal dan Aman Dikonsumsi, Berikut 4 Alternatif Pewarna Merah Pengganti Pewarna Karmin

Meski Dinyatakan Halal dan Aman Dikonsumsi, Berikut 4 Alternatif Pewarna Merah Pengganti Pewarna Karmin

4 Alternatif Pewarna Merah Pengganti Pewarna Karmin.--

SUMEKS.CO - Kontroversi fatwa halal dan haram tentang pewarna Karmin saat ini cukup mendapat sorotan publik, terlebih pewarna Karmin digunakan sebagai bahan tambahan dalam produk makanan atau minuman.

Dalam fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) dengan tegas menyatakan pewarna Karmin adalah bahan pewarna alami yang halal dan aman untuk dikonsumsi.

Sebaliknya, dari hasil musyawarah bahtsul masail yang diselenggarkan oleh PWNU Jatim dan dengan tegas disampaikan oleh KH Marzuqi Mustamar, bahwa pewarna Karmin itu haram dikonsumsi.

Meski dinyatakan halal dan aman pewarna Karmin dikonsumsi, bahan-bahan pewarna alami pengganti pigmen merah dari pewarna Karmin, berikut ini mungkin bisa jadi alternatif pewarna produk makanan atau minuman.

BACA JUGA:7 Alasan Pewarna Karmin Masih Digunakan,Ternyata Banyak Manfaat Dibanding Mudharat, Kenapa Diharamkam?

Berikut akan diuraikan satu persatu, bahan pewarna alternatif yang jauh lebih aman bahkan menyehatkan tubuh yang dilansir dari berbagai sumber informasi, Rabu 4 Oktober 2023.

1. Buah strawberry

Pewarna makanan karmin umumnya digunakan sebagai bahan baku untuk makanan atau minuman dengan perisa stroberi.

Sebagai gantinya, yaitu dengan menambahkan sari buah asli dari strawberry kedalam bahan atau produk makanan atau minuman.

Strawberry sendiri mengandung vitamin C yang baik untuk anti inflamasi serta kesehatan mata dan mencegah terjadinya kanker. 

BACA JUGA:Sebelum Pewarna Karmin, PWNU Jawa Timur Haramkan Uang Kripto

Selain itu, stroberi mengandung pektin yang berguna untuk melawan penyakit jantung.

2. Buah Naga Merah

Buah naga merah memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan karena mengandung antioksidan dan vitamin C yang bagus untuk imun tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: