Nadiem Makarim Lantik Taufiq Marwa Jadi Rektor Universitas Sriwijaya Periode 2023-2027

Nadiem Makarim Lantik Taufiq Marwa Jadi Rektor Universitas Sriwijaya Periode 2023-2027

Mendikbud Ristek, Nadiem Makarim, saat melantik Taufiq Marwa sebagai Rektor Unsri periode 2023-2027 di Ruang Auditorium Lantai 3 Gedung A Komplek Kemendikbudristek, Jakarta Pusat, Senin, 25 September 2023.--

INDRALAYA, SUMEKS.CO - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek), Nadiem Makarim, resmi melantik Taufiq Marwa sebagai Rektor Universitas Sriwijaya (Unsri) periode 2023-2027. 

Pelaksanaan pelantikan Rektor Unsri terpilih ini bersamaan dengan sejumlah Rektor lainnya, yang berlangsung di Ruang Auditorium Lantai 3 Gedung A Komplek Kemendikbudristek, Jakarta Pusat, Senin, 25 September 2023.

Dalam sambutannya, Nadiem mengatakan, bahwa perjalanan 4 tahun merdeka belajar telah melahirkan 26 terobosan yang memberikan dampak sangat besar bagi dunia pendidikan, mulai dari jenjang PAUD hingga jenjang perguruan tinggi. 

"Untuk jenjang perguruan tinggi kami telah meluncurkan 10 terobosan merdeka belajar dari total 26 episode yang berfokus pada peningkatan mutu pembelajaran dan tata kelola perguruan tinggi," paparnya. 

BACA JUGA:Ronaldo Nggak Main Netizen Kecewa Begadang Tunggu Al Nassr, Sudah Beli Martabak Buat ‘Teman’ Nonton Bang Dodo

Menurut Nadiem, transformasi standar nasional dan akreditasi pendidikan tinggi yang diluncurkan bulan lalu, memberikan keleluasaan yang jauh lebih besar bagi perguruan tinggi untuk bertransformasi dan berinovasi. 

"Saya harap para pemimpin perguruan tinggi yang dilantik pada hari ini, dapat segera berkonsolidasi dan merumuskan implementasi kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka di unit kerjanya masing-masing," harapnya. 

Adapun Rektor-Rektor yang dilantik oleh Nadiem, yakni, Rektor Universitas Sriwijaya, Rektor Universitas Negeri Jakarta, Rektor Universitas Negeri Gorontalo, Rektor Universitas Cenderawasih, Direktur Polteknik Negeri Medan, Direktur Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya serta Rektor Institut Seni Indonesia Yogyakarta. 

"Melalui komitmen yang kuat mentransformasi sistem pendidikan tinggi, kita akan melahirkan talenta-talenta muda yang cerdas dan berkarakter serta siap berkontribusi untuk Indonesia," katanya optimis. 

BACA JUGA:Mondy Tatto Minta Maaf Lewat Lagu, Klop Sama Caprice Seteru Ustadz Ebit Lew yang Penyanyi Rapper Malaysia

Dalam kesempatan tersebut, Nadiem juga memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Prof Anis Saggaf, yang telah menghabisi masa jabatannya atas kerja keras dan dedikasi yang luar biasa selama memangku jabatan sebagai Rektor Unsri.

"Tetap semangat melanjutkan pengabdian. Dan kepada pejabat yang baru dilantik untuk selalu junjung tinggi profesionalitas dan terus kuatkan semangat kolaborasi," ucapnya. 

"Masa depan anak-anak Indonesia tergantung pada komitmen kita untuk mentransformasi dan memajukan sistem pendidikan. Oleh karena itu, mari terus kuatkan kolaborasi kita untuk bergerak serentak mewujudkan merdeka belajar," tutup Nadiem. 

Sementara itu, Taufiq Marwa yang telah dinyatakan resmi menjabat sebagai Rektor Unsri mengungkapkan, setelah ini berjanji akan  membuat Unsri jauh lebih mampu sesuai dengan program-program yang dijanjikannya saat proses pemilihan Rektor, beberapa waktu lalu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: