Sektor Pendidikan di Sumatera Selatan Serap Dana Rp 3,11 Triliun dari APBN, Porsi Terbesar untuk Beasiswa

Sektor Pendidikan di Sumatera Selatan Serap Dana Rp 3,11 Triliun dari APBN, Porsi Terbesar untuk Beasiswa

Universitas Sriwijaya. (ilustrasi)-foto sumeks.co-

PALEMBANG, SUMEKS.CO Porsi dana Pendidikan di strktur tubuh APBN untuk Sumatera Selatan ternyata cukup besar. Yaitu Rp 3,11 triliun dikucurkan untuk mendukung sektor mencerdaskan anak bangsa itu.

Sesuai amanat UU, alokasi dana pendidik mininal 20 persen, dan APBN telah menggelontorkan dana pendidikan untuk regional Sumatera Selatan sebesar 3.109,78 miliar.

Baik melalui belanja Kementerian/Lembaga (K/L) sebesar Rp117,82 miliar maupun melalui belanja Transfer Ke Daerah (TKD) sebesar Rp2.991,96 miliar.

BACA JUGA:Borong 3 Penghargaan, Keberhasilan Transformasi Bawa BRI Sebagai Bank dengan Kinerja Keuangan Terbaik

''Porsinya antara lain untuk program KIP Kuliah dan Bidikmisi,'' kata Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan Provinsi Sumatera Selatan, Lydia Kurniawati Christyana pada pertemuan Pleno Asset and Liabilities Committee (ALCo) Regional Sumatera Selatan yang membahas progress APBN untuk regional Sumatera Selatan s.d. 31 Agustus 2023. 

Lidya mengatakan, dana pendidikan melalui belanja K/L di regional Sumatera Selatan, antara lain digunakan untuk Program KIP Kuliah dan Bidikmisi yang manjangkau 2.022 mahasiswa yang membutuhkan.

Selain itu juga disalurkan melalui program Bantuan Operasional Sekolah (BOS)pada Kementerian Agama untuk 35.643 siswa. Bantuan Operasional Perguruan Tingi Negeri (BOPTN) untuk 3 PTN, dan Tunjangan Guru pada Kementerian Agama untuk 3.360 guru PNS/Non PNS.

BACA JUGA:Prodi Magister Teknologi Pendidikan FKIP Unsri Gelar Pelatihan Pengembangan Media Berbasis Digital

Sementara itu, realisasi dana pendidikan yang disalurkan melalui TKD digunakan untuk mendukung pemerataan pembangunan dan kesejahteraan rakyat secara langsung.

APBN digunakan untuk Penyaluran BOS Tahap I kepada 1,67 juta siswa dan Tahap II untuk 1,53 juta siswa. Senada dengan penyaluran BOP Kesetaraan Tahap I untuk 15.903 siswa dan Tahap II untuk 13.235 siswa.

Selain itu, untuk mendukung dari sisi operasional, telah direalisasikan penyaluran Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP) PAUD Tahap I untuk 175.545 siswa dan Tahap II untuk 164.880 siswa.

BACA JUGA:APBN tetap Solid, Konsisten Kawal Pemulihan Ekonomi di Sumatera Selatan

Pada alokasi yang lain untuk TKD yang berupa Dana Alokasi Khusus (DAK) telah dilakukan Penyaluran DAK Non Fisik Tunjangan Profesi Guru (TPG) Daerah

dan Tamsil Guru ASN Daerah sebesar Rp941,52 miliar, dan Penyaluran DAK Fisik bidang Pendidikan sebesar Rp225,98 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: