Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia 2023, Mahasiswa UBD Palembang Lolos Seleksi Tingkat Nasional

Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia 2023, Mahasiswa UBD Palembang Lolos Seleksi Tingkat Nasional

Prestasi yang diraih oleh Mahasiswa Universitas Bina Drama (UBD) Palembang dalam Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) 2023.--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Prestasi yang diraih oleh Mahasiswa Universitas Bina Drama (UBD) Palembang dalam Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) 2023 sangat mengesankan.

Dengan berhasil meraih gelar pemenang dalam kompetisi tersebut, mahasiswa-mahasiswa tersebut telah menunjukkan kemampuan debat dan keahlian berbicara yang luar biasa.

Prestasi yang diraih peringkat 3 LLDIKTI Wilayah II, Peringkat 9 se-Sumatra serta Lolos seleksi tingkat Nasional.

KDMI merupakan lomba debat untuk mahasiswa tingkat nasional yang menggunakan bahasa Indonesia berlangsung secara online (zoom) tanggal 26-28 Agustus 2023.

BACA JUGA:UBD Palembang Gelar Program Tahapan Penyusunan Inklusi Kesadaran Pajak Kepada Mahasiswa

Pendaftaran dilakukan secara online, seleksi wilayah (Wilayah Sumatera) dilanjutkan dengan Seleksi Tingkat Nasional.

Mahasiswa berprestasi itu M. Fito 221510059 Manajemen (Semester 3), Gina Sholihah Mardhiyah 221810029 (Semester 3) Psikologi (sebagai Pendebat) dan Buprayundira 201810040 (Semester 7) Psikologi (sebagai Juri N-1).

Sementara nama dosen yang mendampingi yakni Komala Dwi Syaputri, M.Pd. dari Lembaga Bahasa (LC) Universitas Bina Darma.

Tujuan dari perlombaan ini tak lain untuk meningkatkan daya saing mahasiswa dan lulusan perguruan tinggi melalui media debat ilmiah dan meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan menciptakan kompetisi yang sehat antar mahasiswa.

BACA JUGA:Workshop UBD Palembang, Ungkap Tools AI mampu Permudah Penelitian?

Mengenai motivasi dan strategi mahasiswa ini untuk menang dalam perlombaan tentu sangat antusias, proses seleksi internal telah dilaksanakan dari beberapa bulan sebelum kompetisi dilaksanakan.

Para mahasiswa juga diberikan latihan intensif dengan mendatangkan coach (pelatih) yang berpengalaman dalam perlombaan debat.

Tanggapan mahasiswa saat dinyatakan menang, Fito mengaku sangat senang atas pencapaiannya sebagai juara 3 di tingkat Dikti Wilayah II.

Karena ini juga merupakan debut pertama mereka juga di kompetisi debat, sehingga bangga dengan pencapaian yang sudah mereka dapat kan, tapi bukan puas sebagai juara 3.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: