Dibalik Bau Khasnya yang Menyengat, Ternyata Natto Miliki 5 Manfaat Bagi Kesehatan

Dibalik Bau Khasnya yang Menyengat, Ternyata Natto Miliki 5 Manfaat Bagi Kesehatan

Natto makanan khas Jepang, hasil fermentasi kacang kedelai.--dok : sumeks.co

SUMEKS.CONatto merupakan olahan produk fermentasi yang terbuat dari bahan utama kacang kedelai. Tidak banyak disukai orang karena baunya yang menyengat

Namun dibalik itu ternyata natto menyimpan khasiat yang jarang orang tahu. Dan bisa jadi suka setelah tahu manfaatnya.

Natto termasuk dalam salah satu makanan tradisional Jepang. Memiliki tekstur yang berlendir, lengket, bau khas yang menyengat dan memiliki rasa sedikit pahit.

Itulah mengapa banyak orang yang tidak menyukai natto dan seringkali dijadikan sebagai challenge atau tantangan belakangan ini dan viral di sosial media.

BACA JUGA:Bukan Sekedar Camilan, Ini Lho 6 Manfaat Kuaci dari Biji Bunga Matahari

Tak banyak yang tahu, namun dibalik itu semua ternyata natto ini menawarkan segudang khasiat untuk kesehatan karena kandungan yang ada didalamnya.

Natto ini biasanya dikonsumsi bersama dengan kecap, mustard, daun bawang atau tambahan bumbu lainnya dan serta disajikan bersama dengan nasi.

Untuk yang belum terbiasa kemungkinan besar tidak akan menyukai jenis makanan satu ini karena akan sedikir terganggu oleh aroma yang tercipta dari proses feremntasi.

Kendati demikian natto memiliki kandungan bakteri bacillus subtilis pada permukaannya atau probiotik. Merupakan bakteri baik yang dapat memberikan manfaat untuk kesehatan.

BACA JUGA:9 Minuman yang Berkhasiat Bisa Membantu Menurunkan Kolesterol Tinggi, Coba dan Buktikan

Selain itu juga membuat makanan akan lebih mudah dicerna dan membuat proses penyerapan makanan menjadi lebih mudah.

Kandungan gizi pada natto yang termasuk tinggi. Diantaranya adalah kandungan energi, protein, serat, kalsium, fosfor, besi, kalium, magnesium, vitamin B6, vitamin K, lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh.

Dikutip dari Healthline, berikut manfaat dari mengkonsumsi natto untuk kesehatan tubuh.

1. Memperbaiki sistem pencernaan

BACA JUGA:Terbukti Bikin Hilang Dahaga, Ini Bahaya Terlalu Sering Mengkonsumsi Lemon Tea

Natto merupakan makanan yang berasal dari proses fermentasi dimana  memiliki kandungan probiotik yang dapat berperan sebagai sistem keamanan pada usus.

Nah fungsi dari bakteri baik ini tidak lain adalah sebagao penangkal terhadap racun dan juga bakteri berbahaya.

Beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa bakteri baik atau makanan dari hasil fermentasi memang bisa membantu dalam mengurasi berbagai masalah pencernaan seperti mengurangi gas, sembelit, diare kembung serta gejala usus lainnya.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

BACA JUGA:Ogah Perut Buncit Tapi Malas Olahraga? Simak Penjelasan Ustaz Abdurrahman Dani, Dijamin Perut Rata

Beberapa nutrisi baik yang terkandung didalam makanan tradisional natto ini ternyata dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Ini karena makanan satu ini kaya akan probiotik yang akan berkontribusi dalam membantu mencegah pertumbuhan bakteri berbahaya bagi tubuh.

Mengkonsumsi natto bahkan dapat meningkatkan produksi antibodu pada tubuh serta dapat mengurangi resiko infeksi sehingga dapat membuat tubuh kembali fit.

Kemudian natto juga kaya akan vitamin C, zat besi dan banyak nutrisi yang berperan penting dalam menjaga semua fungsi kekebalan tubuh.

BACA JUGA:Hati-Hati, 6 Orang dengan Kondisi Berikut Ini Dilarang Minum Kopi

3. Menjaga kekuatan tulang

Natto mengandung beragam nutrisi yang juga bisa berkontribusi langsung pada kesehatan dna juga proses penguatan pada tulang.

Salah satu vitamin didalamnya adalah vitamin K2 yang dapat memainkan peran penting dalam kesehatan tulang yang bisa mengaktifkan protein pada tulang dan membawa kalsium langsung pada tulang.

Selain itu beberapa studi di Jepang menunjukkan bahwa vitamin K2 pada natto dapat memperlambat hilangnya kekuatan pada tulang akibat penuaan.

BACA JUGA:Jangan Dibuang, Ini Manfaat Ampas Teh yang Sayang Dilewatkan

4. Mengendalikan tekanan darah

Kandungan lain pada natto adalah Enzim natokinase ternyata bisa memberikan manfaat langsung pada kesehatan jantung yang utamanya karena sifat dari anti hipertensinya.

Nah berhubungan dengan potensi dari penurunan resiko stroke dan jantung fermentasi dari kacang ini tentunya bisa sangat membantu dalam mengendalikan tekanan darah yang baik.

Ini terbukti dari penelitian Integred Blood Pressure Control yang ada di Amerika yang sudah membuktikan lewat eksperimennya.

BACA JUGA:Mulai Sekarang Biji Semangka Jangan Dibuang, Ini 5 Manfaat dan Cara Konsumsinya

Penelitian ini melibatkan sekitar 79 orang dengan tekanan darah tinggi yang mengkonsumsi natokinase ini dan berkaitan dengan penurunan tekanan darah sistolik dan diastolik pada pria dan juga wanita.

5. Menurunkan berat badan

Untuk yang sedang dalam masa diet maka tidak ada salahnya menambahkan natto dalam setiap menu makanan.

Ini karena natto adalah sumber prebiotik dimana dapat membantu membakar lebuh banyak kalori serta kandungan serat yang ada didalamnya dapat membuat perut  merasa kenyang lebih bertahan lama.

BACA JUGA:Capaian Imunisasi Pada Bayi di Kota Palembang Belum Maksimal, Kok Bisa?

Nah, setelah mengetahui manfaat yang terkandung didalamnya, apakah tertarik mencoba natto?

Tetapi perlu diingat konsumsi apapun dalam jumlah dan takaran yang tidak berlebihan, semoga bermanfaat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: