Puluhan Tahun Terbuat dari Kayu, Akhirnya Pasar Tradisional Lubuk Siberuk OKI Mulai di Revitalisasi

Puluhan Tahun Terbuat dari Kayu, Akhirnya Pasar Tradisional Lubuk Siberuk OKI Mulai di Revitalisasi

Pasar tradisional Lubuk Siberuk, Kecamatan Lempuing Jaya, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI).--

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Pasar tradisional Lubuk Siberuk, Kecamatan Lempuing Jaya, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) mulai dikerjakan pembangunan. 

Revitalisasi pasar yang sedang dilakukan merupakan usaha untuk mengembalikan kondisi pasar yang sudah tidak layak menjadi lebih baik, modern, dan fungsional.

Pekerjaan revitalisasi ini dimulai pada awal Agustus 2023 dan diharapkan selesai pada akhir November 2023.

Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten OKI, H  Alamsyah melalui Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri, M Iqbal Rasyid SP, menerangkan, untuk tahun 2023 ini pasar Lubuk Siberuk dijadwalkan revitalisasi dengan menggunakan anggaran APBN. 

BACA JUGA:50 Warga Datangi DPRD Banyuasin, Minta Diperjuangkan Aspirasi

Dimana pasar Lubuk Siberuk ini memang sudah tidak layak digunakan sehingga perlu dilakukan revitalisasi dan beruntung mendapatkan anggaran dari APBN. 

"Pasar Lubuk Siberuk ini sebelumnya terbuat dari bahan kayu terdiri dari 40 los. Karena sudah banyak rusak sehingga akan dibangun permanen beton agar bertahan lama," ungkap Iqbal, kepada SUMEKS.CO, Senin 21 Agustus 2023.

Dia mengatakan, los los pasar Lubuk Siberuk yang akan dibangun permanen ini sebanyak 130 los dengan alasan lahan yang luas.

Sehingga nantinya bisa menampung semua pedagang yang berjualan. 

BACA JUGA:Pusri Palembang Peduli Pada Pengendalian Perubahan Iklim, Bina 15 Kampung Proklim

Iqbal menyebut, pasar Lubuk Siberuk ini sudah berdiri menjadi tempat transaksi jual beli masyarakat sejak 1984 lalu dan terbuat dari bahan kayu.

Barulah adanya perehaban di tahun 2020 dan di tahun 2023 ini barulah bisa dibangun permanen beton. 

"Pasar Lubuk Siberuk ini bukanya 3 kali seminggu, yaitu Selasa, Jumat dan Minggu. Terkadang setiap hari buka tetapi ramainya di 3 hari tersebut," jelasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: