Inilah 4 Perbedaan Lomba Bidar dan Perahu Hias 2023 Dibandingkan Tahun Lalu

Inilah 4 Perbedaan Lomba Bidar dan Perahu Hias 2023 Dibandingkan Tahun Lalu

Lomba Bidar Tradisional di Sungai Musi Kota Palembang, yang digelar tahun lalu.--dok : sumeks.co

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Pemkot Palembang melalui Dinas Pariwisata kembali menggelar Event Lomba Bidar Tradisional dan Parade Perahu Motor Hias.

Lomba akan digelar di Sungai Musi, Plaza BKB Palembang pada 20 Agustus 2023 dimulai pukul 08.00 Wib.

Pada tahun ini terdapat berbagai perbedaan dibandingkan tahun lalu :

1. Tema Perahu Hias Diserahkan ke Masing-Masing Peserta

BACA JUGA:Lomba Bidar Tradisional dan Perahu Motor Hias Sungai Musi, Palembang, Digelar 20 Agustus 2023

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Palembang, Sulaiman Amin menjelaskan perbedaan tahun ini pada perahu hias ialah terdapat tema masing-masing dari berbagai peserta OPD atau perusahaan.

Dibandingkan tahun kemarin OPD dan perusahaan memakai tema yang telah ditentukan panitia.

Namun, tahun ini peserta dibebaskan memilih tema sesuai OPD dan perusahaan masing-masing.

"Mereka melalui tema masing-masing dapat mensosialisasikan program OPD atau perusahaan. Tema tiap Perahu Hias akan berbeda tahun ini," ungkapnya kepada SUMEKS.CO.

BACA JUGA:Asal Usul Lomba Bidar, Bermula dari Persaingan Dua Pangeran Palembang Memperebutkan Gadis Idaman

2. Dimeriahkan 14 Artis Tanah Air

Tahun ini, Dispar Palembang menyiapkan 14 Artis tanah air untuk meriahkan Event Lomba Bidar Tradisional dan Parade Perahu Motor Hias di Plaza BKB Palembang dan menghibur masyarakat.

Sederet Artis tersebut akan menghibur masyarakat Palembang dan wisatawan yang turut menyaksikan Event Lomba Bidar Tradisional dan Parade Perahu Motor Hias tersebut.

Mereka direncanakan akan tampil pada malam harinya pada panggung hiburan rakyat yang telah disiapkan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang melalui Dinas Pariwisata (Dispar).

BACA JUGA:Asal Usul dan Makna di Balik Lomba Panjat Pinang, Simbol Kekompakan dan Semangat Nasionalisme

"Pada pagi hingga sore itu lomba Bidar dan Perahu Hias dulu. Malamnya nanti akan ada hiburan dari berbagai Artis tanah air. Kita siapkan 14 Artis untuk guncangkan Palembang dan hibur masyarakat," kata Kepala Dispar Palembang Sulaiman Amin.

Sulaiman Amin menjelaskan, ada Artis Top favorit anak muda, yaitu Tri Suaka yang menjadi Bintang Tamu Utama atau Guest Star.

"Alasan Dispar Palembang mengundang Tri Suaka dan Fania karena Artis dari Sumsel. Selain itu mereka menjadi favorit anak muda, saya yakin bisa meningkatkan kunjungan masyarakat dan wisatawan di event bidar nanti," jelasnya.

Adapun artis terkenal tanah air yang akan memeriahkan acara pada perlombaan bidar tradisional dan parade perahu motor hias lainnya ialah Fania Dangdut Academy (DA) 5, Melanie Zee D’Koplo, Daffa Alif, Duo Abil, Double You, Sahara Dristy, Kamsul Yasaman, Ronie Sanduri, Kopral Jono, Ponjen Band, Sixline Band, Trio Dispar, dan Sachet Band.

BACA JUGA:Potret Ulang Tahun Sekda Kota Palembang Ratu Dewa, Tahun 2023 Kian Positif dan Religius

"Berbeda tahun sebelumnya hanya ada sekitar 8 Artis. Tahun ini kita siapkan 14 Artis untuk menghibur masyarakat Palembang," ujarnya.

3. Digelar Oleh Pemkot Palembang dan Jadi Prioritas Wali Kota

Pada tahun lalu Event Lomba Bidar Tradisional dan Parade Perahu Motor Hias diambil alih oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel sebagai penyelenggara.

Hal itu dikarenakan, Pemkot Palembang tidak menganggarkan Event Lomba Bidar Tradisional dan Parade Perahu Motor Hias pada tahun lalu.

BACA JUGA:Kabut yang Menyelimuti Kota Palembang Bukan Asap dari Kebakaran Lahan, Ini Penjelasan BMKG

"Tahun ini Pemkot Palembang menganggarkan untuk event tersebut dan jadi prioritas Wali Kota Palembang H Harnojoyo dikarenakan atas kesuksesan event tahun 2022 lalu. Maka itu kita menyiapkan keseluruhannya dengan maksimal, mulai dari peserta, tema, panggung hiburan, UMKM, pengamanan dan lain sebagainya," tutur Sulaiman Amin.

4. Ada Peserta dari Komunitas Masyarakat

"Tahun 2023 ini ada 2 peserta dari komunitas masyarakat masih ada yang mau mengirim. Dibandingkan tahun kemarin OPD dan Perushaan saja. Semoga tahun ini meningkat," kata Sulaiman Amin.

Bagi masyarakat yang ingin menyaksikan Event Lomba Bidar Tradisional dan Parade Perahu Motor Hias pada besok 20 Agustus 2023 dapat langsung melihat dari 35 Ilir dan Plaza BKB Palembang.

BACA JUGA:Inilah 9 Sekolah Penyumbang Kemacetan di Kota Palembang

Lomba Bidar dan parade Perahu Hias akan dimulai dari 35 Ilir dan berakhir di BKB. Acara dipusatkan di BKB.

"Bagi masyarakat yang ingin berkunjung ke BKB pastinya akan padat kendaraan parkir. Masyarakat bisa parkir di BKB atau sekitarannya jika parkir BKB sudah penuh. Untuk parkir Dishub sudah kerahkan petugasnya. Begitu juga untuk keamanan, Polrestabes menurunkan ribuan personelnya," tutup Sulaiman Amin.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: