Lomba Bidar Tradisional dan Perahu Motor Hias Sungai Musi, Palembang, Digelar 20 Agustus 2023

Lomba Bidar Tradisional dan Perahu Motor Hias Sungai Musi, Palembang, Digelar 20 Agustus 2023

Kepala Dinas Pariwisata Palembang H Sulaiman Amin, saat konferensi pers di Gunz Cafe Palembang, Jumat, 18 Agustus 2023.-Naba Anwar-

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Event Lomba Bidar Tradisional dan Parade Perahu Motor Hias, HUT ke-78 Kemerdekaan RI, akan digelar Minggu, 20 Agustus 2023. 

Lomba Bidar Tradisional dan Parade Perahu Motor Hias dipusatkan di Plaza Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang. 

Kepala Dinas Pariwisata Palembang H Sulaiman Amin mengatakan Lomba Bidar Tradisional dan Parade Perahu Motor Hias telah direncanakan dan dipersiapkan dengan baik serta melibatkan banyak pihak. 

"Kita telah maksimalkan dan mempersiapkan event ini sebaik mungkin sejak beberapa bulan lalu," kata Sulaiman Amin, saat konferensi pers di Gunz Cafe Palembang, Jumat, 18 Agustus 2023.

BACA JUGA:Asal Usul Lomba Bidar, Bermula dari Persaingan Dua Pangeran Palembang Memperebutkan Gadis Idaman

Sulaiman Amin menjelaskan, Lomba Bidar Tradisional dan Parade Perahu Motor Hias sebagai sarana untuk melestarikan dan memperkenalkan budaya khas Palembang. 

Selain itu juga sebagai sarana hiburan bagi masyarakat dan wisatawan. Menumbuhkan kecintaan masyarakat terhadap budaya daerah.

"Meningkatkan jumlah kunjungan dan masa tinggal wisatawan. Serta Memberikan wadah kepada masyarakat untuk berkreatifitas," jelasnya. 

Lebih lanjut Sulaiman Amin menuturkan, adapun kategori dan peserta kegiatan Lomba Bidar Tradisional diikuti sekitar 8 peserta (BUMN, OPD, komunitas, perusahan swasta se-Sumsel. 

BACA JUGA:Lomba Bidar Tradisional dan Parade Perahu Motor Hias HUT Kemerdekaan RI, Digelar 19 Agustus 2023

Setiap peserta terdiri dari 55 pendayung dan 2 orang penyemangat. Lomba dimulai dari eks Pelabuhan 35 ilir Palembang, berakhir di Panggung Kehormatan Plaza Benteng Kuto Besak Palembang. 

Kriteria penilaian antara lain kecepatan waktu tempuh dan disiplin peserta selama mengikuti lomba. 

Dewan juri berasal dari 8 orang Jasrek Lanal dan 1 dari Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Sumsel. 

Sementara Parade Perahu Motor Hias diikuti sekitar 30 peserta terdiri dari BUMN, OPD, Kecamatan, Swasta se-Sumsel. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: