Topan Khanun Mengamuk di Korea, Kontingen Jambore Pramuka Dunia Asal Ogan Ilir Diungsikan

Topan Khanun Mengamuk di Korea, Kontingen Jambore Pramuka Dunia Asal Ogan Ilir Diungsikan

Kakwarcab Pramuka Ogan Ilir, Muhsin Abdullah, bersama kontingen asal Ogan Ilir tengah berada di lokasi Jambore Pramuka Dunia ke-25. Foto: dokumen/sumeks.co--

OGAN ILIR, SUMEKS.CO - Sedikitnya ada empat siswa siswi terbaik asal Kabupaten OGAN ILIR, kini masih mengikuti Jambore Pramuka Dunia ke-25 yang digelar di Korea Selatan. 

Sebagaimana diketahui, Topan Khanun diperkirakan akan menerjang lokasi Jambore Pramuka Dunia ke-25 tepatnya di Bumi Perkemahan Sae Man-Geum di Korea Selatan pada 9 Agustus 2023.

Menurut Sekretaris Kwarcab Ogan Ilir, Nirwan Yuliz Alsof, yang juga bertindak sebagai pendamping Pramuka Ogan Ilir menerangkan, bahwa saat ini mereka sudah diungsikan ke tempat lebih aman.

"Sekarang kami sudah diungsikan di kampus Wonkwang University," ungkapnya kepada SUMEKS.CO melalui WhatsApp, Selasa, 8 Agustus 2023.

BACA JUGA:Gubernur Sumsel Buka Perkemahan Temu Karya Pramuka Madrasah Se-Sumsel

Ditambahkan Nirwan, ada 39.000 peserta yang mengikuti Jambore Pramuka Sedunia ke-25 di Bumi Perkemahan Sae Man-Geum di Korea Selatan. Akan tetapi, seluruhnya kini sudah diungsikan. 

"Diperkirakan Topan Khanun akan melanda Bumi Perkemahan pada tanggal 9 dan 10 Agustus 2023," ujarnya. 

Seluruh proses pemindahan diatur oleh Pemerintah Korea Selatan untuk memindahkan peserta yang masih ada dari 155 negara ke tempat yang lebih aman di Seoul dan sekitarnya. 

Pemindahan akan dilakukan dengan mengerahkan sekitar 1000 bus yang mulai pukul 08.00, dan diperkirakan akan selesai dalam waktu 14 jam. 

BACA JUGA:Kabupaten Muara Enim Tuan Rumah Temu Karya Pramuka Madrasah Se-Sumsel

Untuk pergerakan pemindahan akan didahulukan peserta didik, dan dilanjutkan pemindahan orang-orang dewasa yang tergabung dalam Jambore, baik sebagai Contingent Management Team maupun International Service Team.

"Alhamdulillah, saat ini kondisi peserta Indonesia semua dalam keadaan aman dan tetap bersemangat," ucapnya. 

Dikatakan Nirwan, meskipun pelaksanaan Jambore Pramuka Dunia ke-25 dihantui Topan Khanun, namun kontingen Indonesia masih tampil pada pertunjukan kesenian di panggung utama Jambore pada Senin malam. 

"Indonesia tampil bersama hanya 15 negara lain yang lolos seleksi untuk tampil di panggung utama Jambore," katanya lagi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: