Pemkab PALI Siapkan Lahan 5 Hektare Untuk Pembangunan Makorem 044 Gapo, Juga Ada untuk Kampus IPB

Pemkab PALI Siapkan Lahan 5 Hektare Untuk Pembangunan Makorem 044 Gapo, Juga Ada untuk Kampus IPB

Pemkab PALI telah menyiapkan lahan seluas 5 hektare untuk pembangunan Markas Korem 044 Garuda Dempo (Gapo). Foto: Heru/sumeks.co--

PALI, SUMEKS.CO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) PALI di bawah pimpinan Bupati dan Wakil Bupati, DR Ir H Heri Amalindo MM dan Drs Soemarjono telah menyiapkan lahan seluas 5 hektare untuk pembangunan Markas Komando Resort Militer (Makorem) 044 Garuda Dempo (Gapo).

Atas dasar itu, Komandan Korem 044 Gapo, Brigjen TNI M Naudi Nurdika SIP MSi M Tr (Han) melakukan kunjungan kerja ke Bumi Serepat Serasan, Jumat 4 Agustus 2023 kemarin.

Kunjungan kerja Danrem 044 Gapo ke kabupaten PALI didampingi Dandim 0404 Muara Enim, Letkol Arh Rimba Anwar di Kabupaten PALI disambut langsung oleh Bupati PALI, yang diwakili oleh Wakil Bupati PALI Drs H Soemarjono.

Didampingi oleh Asisten 1 Setda PALI H Andre Fajar Wijaya dan sejumlah Kepala OPD lingkup Pemkab PALI, Plt Camat Talang Ubi, serta sejumlah pihak terkait.

BACA JUGA:Kolaborasi Korem 044/Gapo, SoMa dan Auto2000 Veteran Adakan Donor Darah, Hasilkan 300 Kantong Darah

Kepala Bappeda Kabupaten PALI, Ahmad Jhoni SP MM mengatakan, bahwa kunjungan kerja yang dilakukan oleh Danrem 044 Gapo di Kabupaten PALI dalam rangka pemanfaatan lahan 401 hektare yang direncanakan ada peruntukan lahan untuk pembangunan Makorem 044 GAPO.

"Iya lokasinya di 401 hektare lahan sawit yang kini dikelola oleh PT Pemdas Agro Citra Buana. Tepatnya di Simpang Raja, kelurahan Handayani Mulya, Kecamatan Talang Ubi," ujarnya, Minggu 6 Agustus 2023.

Nantinya, lahan 401 hektar itu tidak hanya untuk lahan pembangunan Makorem 044 Gapo, tapi juga lahan untuk pembangunan kampus Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Muhammadiyah.

"Kalau untuk rincian lokasi dalam area 401 belum diplot. Termasuk juga utk IPB dan Muhammadiyah. Karena selanjutnya akan ada perencanaan detail lahan termasuk peruntukan beserta luasannya. Untuk luasan masih perkiraan 5 hektare," ungkapnya.

BACA JUGA:Tangani Masalah Karhutla, Pemkab PALI Gelar Rapat Koordinasi Lintas Sektor

Sementara disinggung soal lahan tersebut yang saat ini masih dikelola oleh Perusahaan Daerah (Perusda) Muara Enim, dirinya menjelaskan, bahwa saat ini masih diproses.

"Lahan sudah diproses dan Pemkab PALI sudah minta bantuan pihak Aparat Penegak Hukum (APH) untuk dikembalikan ke Kabupaten PALI," pungkasnya.

Sementara, Wakil Bupati PALI, Drs H Soemarjono mengucapkan terimakasih atas kunjungan dan kehadiran Danrem 044 Gapo ke Kabupaten PALI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: