Cara Mudah untuk Menjaga Imun Tubuh, Selain Berolahraga

Cara Mudah untuk Menjaga Imun Tubuh, Selain Berolahraga

Ilustrasi--net

SUMEKS.CO - Kekebalan tubuh atau imun harus dijaga, agar tidak mudah terserang penyakit dan virus dan jatuh sakit

Imun tubuh merupakan sel-sel dalam tubuh yang bekerja melawan segala macam hal yang bisa membahayakan tubuh. Contohnya virus dan bakteri.

Dengan menjaga imun tubuh tidak akan mudah terserang penyakit yang diakibatkan bakteri dan virus.

Cara meningkatkan imun tubuh bisa dengan beragam macam cara. Beberapa di antaranya sangat mudah dilakukan sehingga  bisa dilakukan setiap hari.

BACA JUGA:Buah Andalan Saat Ramadhan, Kenali Manfaat Timun Suri

Dilansir laman kemenkes.go.id ada beberapa cara meningkatkan imun tubuh seperti yang ada di bawah ini :

1.  Tidur yang cukup

Tips pertama untuk menjaga imun tubuh adalah tidur yang cukup. Saat tidur tubuh akan memperbaiki sel-sel yang rusak dan juga membentuk sistem imun secara alami sehingga kekebalan tubuh bisa ditingkatkan dengan baik.

Orang dewasa idealnya memiliki jam tidur antara 7 hingga 8 jam per harinya. Sementara bagi anak-anak usia 12 tahun ke bawah waktu tidur berkisar 10 hingga 12 jam per hari.

BACA JUGA: Manfaat Basil Oil, Nomor 5 Banyak Dibutuhkan Kaum Hawa yang Ingin Tampil Kinclong

Jika mengalami masalah susah tidur, cobalah untuk melakukan meditasi, kurangi penggunaan gadget, atau dapat minum susu agar tubuh dapat rileks dan tidur dengan normal.

2. Olahraga yang teratur

Olahraga teratur seperti jogging sangat berguna untuk meningkatkan imun tubuh secara alami.

Cukup melakukan olahraga ringan seperti jalan di pekarangan rumah atau hanya pemanasan  selama 30 menit hingga 1 jam setiap harinya tentu dapat menjaga kesehatan tubuh, saat tubuh sehat maka imun agar tetap terjaga.

BACA JUGA:Selain Bermanfaat Untuk Lambung, Ini Manfaat Air Tajin Bagi Kesehatan

Saat berolahraga, tubuh akan melepaskan banyak hormon yang dapat menjaga tubuh meredakan stres dan memperkuat otot dalam tubuh.

3. Perbanyak minum air putih

Minum air putih yang cukup juga dapat menjadi cara meningkatkan imun tubuh. Tubuh yang terhidrasi dengan baik ternyata dapat membuat badan tidak gampang sakit.

Namun sebenarnya, hidrasi yang cukup tidak sepenuhnya dapat melindungi tubuh dari penyakit atau daya imun yang kuat, namum hidrasi yang cukup dapat menjaga metabolisme tubuh tetap bekerja dengan baik.

BACA JUGA:Hindari 5 Makanan Ini Jika Tidak Mau Batuk Terus Menerus Kambuh

Saat tubuh mengalami kekurangan cairan dalam tubuh (dehidrasi),  maka akan ada banyak penyakit yang dirasakan seperti sakit kepala, mudah lelah, hingga yang paling parah dapat terjadinya sakit ginjal dan hati. Jika semua itu terjadi dapat berdampak buruk pada sistem imunitas tubuh.

Setiap harinya, orang dewasa disarankan untuk minum air 8 gelas atau sekitar 2 liter air putih per hari agar tubuh tidak kekurangan cairan.

4. Hindari stress

Menjaga stres juga salah satu cara meningkatkan imun tubuh. Ketika merasa stres dan banyak pikiran, hal tersebut ternyata dapat  menurukan daya tahan tubuh secara tidak langsung.

BACA JUGA: Minyak Kelapa Bisa Menurunkan Berat Badan, Benarkah? Ini Ragam Manfaatnya

Hal ini telah dijelaskan dalam jurnal Effects of Stress on Immune Function: The Good, The Bad, and The Beautiful, jika seseorang yang memiliki stres tinggi, maka imunitas tubuhnya akan tidak seimbang sehingga mudah terserang penyakit.

Oleh karena itu, sebaiknya tidak  stres jika ingin meningkatkan imun tubuh. Salah satu cara untuk meredakan stres adalah dengan melakukan meditasi, berlibur, melakukan hobi, mengobrol dengan teman, hingga makan makanan yang bisa meredakan stres.

5.  Hindari merokok

Cara meningkatkan imun tubuh lainnya adalah dengan cara mengindari merokok. Hal ini  karena di dalam rokok terdapat banyak zat-zat dan senyawa yang  tidak baik untuk tubuh.

BACA JUGA:Bisa Ditemukan Di Restoran Jepang, Berikut 7 Manfaat Wasabi yang Jarang Diketahui

Zat senyawa tersebut seperti karbonmonoksida, nikotin, hingga nitrogen oksidan yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan paru-paru serta organ tubuh lainnya.

Selain menghindari rokok,  kalian juga harus menjauhi minuman beralkohol. Minuman alkohol dapat menurunkan daya tahan tubuh sehingga akan menghambat masa pemulihan jika kita sakit.

6. Menjaga pola makan

Tips terakhir dan tidak kalah pentingnya adalah menjaga pola makan. Agar imunitas tubuh tetap terjaga makanlah tiga kali sehari dengan menyantap makanan yang kaya akan gizi.

BACA JUGA:Mengandung Banyak Nutrisi, Ini 5 Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan

Hindari konsumsi junk food atau makanan cepat saji, karena mengandung banyak karbohidrat, lemak, dan gula sehingga tidak bagus untuk kesehatan tubuh.

Sebaliknya, makanlah buah-buahan, sayur-sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan yang kaya akan vitamin.

Itulah, berbagai macam cara meningkatkan imun tubuh yang dapat lakukan dari sekarang. Semoga bermanfaat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: